Liga Italia

Gara-gara Man City, Sarri Bakal Didepak Guardiola dari Pelatih Juventus

Sabtu, 15 Februari 2020 10:30 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Fox Sports Asia
Pelatih sepak bola Manchester City, Pep Guardiola, diyakini berpotensi besar menggusur posisi Maurizio Sarri sebagai pelatih Juventus. Copyright: © Fox Sports Asia
Pelatih sepak bola Manchester City, Pep Guardiola, diyakini berpotensi besar menggusur posisi Maurizio Sarri sebagai pelatih Juventus.

INDOSPORT.COM - Pelatih sepak bola Manchester City, Pep Guardiola, diyakini berpotensi besar menggusur posisi Maurizio Sarri sebagai pelatih raksasa Serie A Liga Italia, Juventus, setelah klub Liga Inggris itu mendapat sanksi dari UEFA.

Baru-baru ini, muncul kabar bahwa klub Liga Inggris, Manchester City, dinyatakan bersalah karena melanggar aturan Financial Fair Play (FFP) dari UEFA. Dalam keterangan resminya, UEFA menyebut City tak mampu menutupi kerugian dan ketahuan melebih-lebihkan angka pendapatan sponsor.

Klub yang berjuluk The Citizen itu juga bersalah lantara gagal menunjukkan sikap kooperatif dalam penyelidikan kasus oleh Badan Pengawas Keuangan Klub Eropa (CFCB) yang dimulai sejak akhir 2018. Karena hal tersebut, mereka mendapat sanksi tidak boleh berlaga di Liga Champions atau Liga Europa pada 2020/21 dan 2021/22.

Situasi ini ternyata memunculkan rumor baru terkait pelatih mereka yang bernama Pep Guardiola. Melansir dari laman portal berita olahraga Football Italia, Guardiola berpotensi hengkang dari Etihad Stadium dan gabung ke Juventus sebagai pelatih, menggantikan posisi Maurizio Sarri.

Pep Guardiola selama ini memang beberapa kali dirumorkan bakal meninggalkan Manchester City jika situasi mulai memberatkannya. Ia pun pernah digadang-gadang menjadi kandidat pengganti dari Ernesto Valverde (Barcelona), Mauricio Pochettino (Tottenham Hotspur), Zinedine Zidane (Real Madrid), dan lain-lain.

Namun ternyata, Juventus sendiri juga pernah menaruh minat kepada mantan pelatih Barcelona tersebut sebelum pada akhirnya mereka merekrut Maurizio Sarri dari Chelsea. Dengan situasi ini, banyak yang meyakini bahwa raksasa Serie A Liga Italia itu bakal kembali menjajaki kemungkinan untuk mendekati Guardiola dalam waktu dekat.

Hal ini juga tak lepas dari penurunan performa Juventus di kancah domestik akhir-akhir ini, dimana mereka bisa kalah dari Napoli 1-2 dan tim medioker Hellas Verona 1-2. Di Coppa Italia, klub yang berjuluk Bianconeri itu juga hampir kalah melawan AC Milan di San Siro sebelum gol penalti Cristiano Ronaldo membuat kedudukan seimbang 1-1.

Meski demikian, belum ada informasi lebih lanjut terkait apakah Juventus memang benar-benar akan mendepak Maurizio Sarri dan menggantinya dengan Pep Guardiola atau tidak. Namun yang pasti, rumor tentang kepergian sang pelatih dari Etihad Stadium memang sudah menyeruak sejak beberapa bulan yang lalu.

Pep Guardiola sendiri sudah melatih klub sepak bola Manchester City sejak 2016 yang lalu. Bersama The Citizen, ia sukses mengantarkan mereka menjuarai Liga Inggris 2017/18 dan 2018/19, Piala FA 2018/19, Piala Liga Inggris (Carabao) 2017/18 dan 2018/19, dan FA Community Shield 2018 dan 2019.