Liga Europa

Hukuman Manchester City Jadi Berkah bagi Everton di Eropa, Kok Bisa?

Sabtu, 15 Februari 2020 15:13 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© @premierleague
Hukuman larangan tampil di Liga Champions yang diterima Manchester City memberi berkah tersendiri bagi Everton untuk merebut satu tempat di kompetisi Eropa. Copyright: © @premierleague
Hukuman larangan tampil di Liga Champions yang diterima Manchester City memberi berkah tersendiri bagi Everton untuk merebut satu tempat di kompetisi Eropa.

INDOSPORT.COM - Hukuman larangan tampil di Liga Champions yang diterima Manchester City memberi berkah tersendiri bagi Everton untuk merebut satu tempat di kompetisi Eropa musim 2020-2021.

Melansir dari Liverpool Echo, hukuman yang diterima Manchester City itu akibat melanggar Financial Fair Play (FFP) membuat peta persaingan di Liga Inggris berubah.

Dengan hukuman larangan tampil di Liga Champions selama dua tahun, otomatis jatah tiket ke kompetisi tertinggi Eropa tersebut akan berlabuh di tim peringkat kelima liga musim ini.

Saat ini Everton duduk di peringkat ke-8 Liga Inggris. Jika banding Manchester City ditolak oleh CAS (Badan Arbitrase Olahraga), The Toffees berkesempatan mentas di kompetisi Eropa musim depan.

Everton hanya perlu finis di peringkat kelima agar masuk zona Liga Champions, atau peringkat keenam untuk masuk otomatis ke Liga Europa musim mendatang.

Namun peta persaingan yang ketat anntara peringkat kedelapan hingga keempat, membuat peluang Everton ke Liga Champions sedikit tertutup. Sehingga, satu tempat di Liga Europa bisa menjadi opsi masuk akal untuk direbut anak asuh Carlo Ancelotti.

Baca Juga
  • Selain Hukuman Liga Champions, Man City Terancam Turun ke Kasta 4 Liga Inggris

Hal ini tentu senada dengan tujuan Ancelotti saat didapuk pertama kali sebagai pelatih Everton. Pria asal Italia ini menyebut The Toffees merupakan klub yang harusnya mentas di kompetisi Eropa.

Menarik dinanti bagaimana jalannya skenario yang melibatkan Manchester City dan segenap tim gurem Liga Inggris musim ini seperti Everton, Sheffield United, dan Wolverhampton Wanderers dalam berebut tiket ke Eropa.