Liga Indonesia

Irfan Bachdim Ungkap Kesan Dilatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia

Sabtu, 15 Februari 2020 18:28 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Striker anyar PSS Sleman, Irfan Bachdim mendapat panggilan untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Striker anyar PSS Sleman, Irfan Bachdim mendapat panggilan untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong.

INDOSPORT.COM - Striker anyar PSS Sleman, Irfan Bachdim mendapat panggilan untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong.

Hal ini menjadi yang pertama kalinya bagi Irfan dan 34 pemain lainnya, setelah PSSI melakukan pergantian pelatih dan menunjuk arsitek permainan Korea Selatan itu sebagai nahkoda Skuat Garuda.

Dua hari menjalani latihan, Irfan mengatakan Shin Tae-yong merupakan pribadi tegas. Pengalaman melatih di Piala Dunia membuat para pemain nampak antusias melahap porsi latihan yang diberikan dan tak merasa terbebani.

"Coach ini sangat jujur, kalau ada masalah langsung bicara, visinya bagus. Tidak ada yang terlalu keras (soal latihan), kalau mau lebih baik harus bekerja keras, jadi tidak ada yang terlalu keras," tuturnya.

Irfan Bachdim menjelaskan, tidak ada tugas khusus dari Shin Tae-yong untuk pemain senior, mengingat banyak nama muda yang dipanggil ke pemusatan latihan Timnas Indonesia kali ini.

Baginya, tanpa disuruh pun, pemain senior sudah seharusnya berbagi ilmu, dan sejauh ini komunikasi berjalan lancar antar pemain.

"Tidak terlalu, kalau untuk memberi tahu ke junior itu seharusnya sudah biasa," ujarnya.

"Komunikasi enak dengan pemain muda, semuanya enak sih. Para pemain juga baik semua dan semua mau belajar, kalau saya bisa membantu ya saya akan bantu," imbuh Bachdim.

Selain Irfan Bachdim sebagai pemain Timnas Indonesia senior, Shin Tae-yong juga menyertakan Ilija Spasojevic, Fachrudin Ariyanto dan beberapa nama lainnya. Mereka dipersiapkan untuk lanjutan Kualifikasi babak kedua Piala Dunia 2020 yang berlangsung bulan depan.