Liga Indonesia

Termasuk Persipura, Ini 3 Klub yang Berpotensi Jadi Tim Musafir di Liga 1 2020

Rabu, 19 Februari 2020 11:22 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Sudjarwo/INDOSPORT
Persipura berpotensi menjadi tim musafir setelah Stadion Mandala tidak bisa digunakan sebagai kandang di Liga 1 2020 Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Persipura berpotensi menjadi tim musafir setelah Stadion Mandala tidak bisa digunakan sebagai kandang di Liga 1 2020

INDOSPORT.COM - Tim 'musafir' hampir dipastikan bakal kembali eksis di Liga 1 2020 ini. Baru-baru ini Persipura Jayapura memastikan akan berkandang di Stadion Klabat Manado untuk mengarungi kompetisi Liga 1. 

Pada pekan depan PT LIB dijadwalkan akan melakukan verifikasi ke stadion yang juga dipakai oleh tim Liga 2, Sulut United, tersebut. 

Persipura Jayapura diprediksi tak akan sendirian menjadi tim musafir di Liga 1 2020 ini. Aturan verifikasi yang ketat dari PT LIB serta banyaknya stadion-stadion di Tanah Air yang direnovasi membuat klub-klub Liga 1 harus putar otak mencari kandang.

Lalu, siapa saja klub-klub Liga 1 yang berpotensi menjadi tim musafir di musim 2020 ini? Berikut ulasannya. 

1. Persipura Jayapura

Stadion Klabat bakal diverifikasi pekan depan lantaran Persipura Jayapura terus berupaya untuk menggunakan venue di ibu kota Sulawesi Utara itu sebagai markas sementara untuk Liga 1 2020.

Stadion Mandala yang biasa dipakai Mutiara Hitam berkandang tengah direnovasi untuk keperluan PON 2020. Sementara Stadion Papua Bangkit yang baru selesai dibangun belum pasti bisa digunakan. 

Jika harus mengungsi ke Manado, maka ini kali kedua secara beruntun Persipura harus menjadi tim musafir setelah musim lalu bermarkas di Sidoarjo. 

2. PSM Makassar

Satu lagi tim Indonesia Timur yang kemungkinan menjadi tim musafir adalah PSM Makassar. Seperti yang diketahui, Stadion Andi Mattalatta memiliki kondisi yang memprihatinkan. 

Selama bertahun-tahun PSM selalu dipusingkan dengan stadion. Walau bisa lolos di tiga gelaran Liga 1 terakhir, namun PSM harus pindah homebase ke Stadion Pakansari, Bogor, untuk kompetisi Piala AFC. 

Saat ini Stadion Andi Mattalatta masih berada di bawah standar yang diinginkan PT LIB. Perbaikan masih harus dilakukan di beberapa titik seperti ruang medis, wasit, pengawas pertandingan, broadcaster, dan kebersihan stadion. Adapun PT LIB akan menentukan nasib Stadion Andi Mattalatta pada 24 Februari mendatang.

3. Persik Kediri

Di Liga 1 2019 lalu tim PSIS harus rela terusir dari Semarang dan berkandang di Magelang, tahun ini giliran Persik Kediri tim asal Pulau Jawa yang terancam jadi tim musafir.

Kandang tim Macan Putih, Stadion Brawijaya, belum sepenuhnya memenuhi standar yang diinginkan PT LIB. Perbaikan sendiri saat ini masih gencar dilakukan oleh Persik, seperti penggantian lampu serta perbaikan rumput lapangan. 

Jika pada akhirnya Stadion Brawijaya gagal lolos, maka Persik Kediri dikabarkan akan memakai Stadion Gelora Delta di Sidoarjo, Jawa Timur, sebagai home base sementara.  

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
100%