Liga Indonesia

Kalah Tipis, Ini Perbandingan Statistik David da Silva vs Marko Simic Jelang Final PGJ

Kamis, 20 Februari 2020 12:10 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Grafis:Yanto/Indosport.com
Perbandingan statistik David da Silva (Persebaya) vs Marko Simic (Persija) jelang Final Piala Gubernur Jatim 2020. Copyright: © Grafis:Yanto/Indosport.com
Perbandingan statistik David da Silva (Persebaya) vs Marko Simic (Persija) jelang Final Piala Gubernur Jatim 2020.

INDOSPORT. COM - Perbandingan statistik dua bomber maut, David da Silva vs Marko Simic, jelang final Piala Gubernur Jatim 2020, memperlihatkan jarak yang cukup tipis.

Ajang pramusim Piala Gubernur Jatim 2020 akan segera memainkan laga final antara Persebaya Surabaya vs Persija Jakarta. Menurut jadwal yang sudah beredar, partai puncak bakal dihelat di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, mulai pukul 15.30 WIB .

Partai final ini diyakini akan berlangsung sengit. Baik Persebaya Surabaya maupun Persija Jakarta, sepanjang Piala Gubernur Jatim 2020 memang memperlihatkan performa menawan.

Persebaya sebelum menembus final, tercatat baru sekali kalah. Hebatnya lagi, Bajul Ijo sukses mengalahkan rival abadinya, Arema FC, 4-2 dalam babak semifinal kemarin.

Sementara Persija, kiprahnya sama sekali belum tersentuh kekalahan. Macan Kemayoran sendiri mendapatkan tiket final usai menghempaskan Madura United 2-1.

Tak hanya itu saja, laga Persebaya vs Persija bakal kian sengit lagi, lantaran kedua tim juga sama-sama memiliki bomber maut haus gol. Persebaya punya David da Silva, dan Persija mengandalkan Marko Simic di lini serangnya.

Keduanya memang terkenal atas kualitasnya dalam menjebol gawang lawan. Peran mereka lantas dipercaya bakal menghadirkan gol-gol indah pada laga sore nanti.

INDOSPORT pun coba membandingkan statistik antara David da Silva vs Marko Simic jelang final Piala Gubernur Jatim 2020. Siapakah penyerang yang punya data lebih mentereng?

Produktivitas Gol di Liga 1

David da Silva dan Marko Simic sama-sama mulai berkarier di Indonesia pada Liga 1 2018. Sejak pertama kali datang, keduanya langsung bisa membuktikan kualitas ketajaman mereka masing-masing.

David da Silva, yang berkostum Persebaya Surabaya, sepanjang Liga 1 2018 total membukukan 20 gol dari 23 laga. Sempat hijrah ke klub Korea Selatan, Pohang Steelers pada awal musim Liga 1 2019, David Da Silva kembali lagi ke Persebaya Surabaya di putaran kedua, dan mampu mencetak 14 gol dari 17 penampilan.

Jika dirata-rata dengan hitungan satu gol per laga, catatan David da Silva tergolong fantastis. David da Silva berarti hanya absen menghiasi papan skor dalam ada enam pertandingan saja.

Kalau Simic, Liga 1 2018 dan Liga 2019, dirinya terus setia membela Persija Jakarta. Catatan Simic yang telah tampil 62 pertandingan, dihiasi dengan catatan total 45 gol.

Jumlah torehan Simic jauh lebih unggul ketimbang David da Silva yang hanya bisa menorehkan total 31 buah gol. Namun, Simic kalah dari segi efektivitas rata-rata satu gol per pertandingan, karena ada sekitar 15 laga Simic tak menjalani laga gagal membukukan skor.

Harga

Harga pasar bursa transfer biasanya menjadi tolak ukur untuk menilai kehebatan seorang pemain sepak bola. Makin tinggi harganya, kian jago pula kemampuanya yang dimiliki sang bintang lapangan hijau.

Khusus perbandingan harga David da Silva dan Marko Simic, ada salah satu pihak yang unggul. Sosok yang lebih mahal itu ialah. Marko Simic

Catatan harga Marko Simic kini menurut data Transfermarkt menyentuh angka 550 ribu euro atau Rp8,1 miliar. Sedangkan David da Silva, harganya tertinggal di angka 300 ribu euro atau Rp4,4 miliar.

Kiprah di PBJ

David da Silva dan Marko Simic terus melanjutkan reputasi tajam mereka di ajang Piala Gubernur Jatim 2020. Mereka tampil memukau dan tergolong rutin mecetak gol.

Davi da Silva sejauh ini total sudah mencetak tiga gol. Sementara Marko Simic, catatannya kini telah mententuh angka lima gol, atau pemuncak daftar top skor sementara.