Bola Internasional

Ranking AFC Klub Terbaru: Kalahkan Wakil Indonesia, Kamboja Cetak Sejarah

Kamis, 27 Februari 2020 13:12 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Isman Fadil
© Official Bali United
Klub Liga Kamboja bernama Svay Rieng berhasil mengalahkan Bali United dengan skor 2-1 di laga kedua penyisihan Grup G Piala AFC 2020 pada Selasa (25/2/2020) lalu. Copyright: © Official Bali United
Klub Liga Kamboja bernama Svay Rieng berhasil mengalahkan Bali United dengan skor 2-1 di laga kedua penyisihan Grup G Piala AFC 2020 pada Selasa (25/2/2020) lalu.

INDOSPORT.COM - Klub Kamboja mencetak sejarah dalam ranking AFC  terbaru setelah menggulingkan wakil Indonesia, Bali United di Piala AFC 2020.

Klub Liga Kamboja bernama Svay Rieng berhasil mengalahkan Bali United dengan skor 2-1 di laga kedua penyisihan Grup G Piala AFC 2020 pada Selasa (25/2/2020) lalu.

Kemenangan tersebut membuat poin ranking Kamboja di AFC bertambah menjadi 1.164 sehingga memperoleh total 12.910 poin.

Dilansir dari Instagram asean.football, penambahan poin tersebut berhasil mencetak sejarah manis bagi Kamboja.

"Pertama kalinya Kamboja meraih poin tertinggi di update peringkat liga asia zona ASEAN selama ikut serta di Kompetisi Asia," tulisnya.

Sementara itu, poin Indonesia di ranking AFC klub justru berkurang dari 17.363 menjadi 17.330 poin setelah Bali United menelan kekalahan di Kamboja.

Meski begitu, Indonesia masih unggul jauh dari Kamboja dan menempati posisi keenam se-ASEAN. Thailand masih menjadi raja di Asia Tenggara meski mereka baru saja mengalami penurunan 2.833 poin.

Meski kalah dari wakil Kamboja, Bali United tetap mendapatkan pembelaan dari media-media nasional maupun luar. Hal itu karena wasit dalam pertandingan Svay Rieng vs Bali United bersikap tidak adil.

Seharusnya Bali United mampu menahan imbang dengan skor 2-2 kalau saja gol dari Ilija Spasojevic pada menit akhir babak pertama tidak dianulir.

Wasit menganggap pemain naturalisasi tersebut sudah berada di posisi offside. Alhasil Bali United harus puas pulang ke Indonesia tanpa mendapatkan poin.