Liga Indonesia

Mulai PSS Sleman hingga Liverpool, SEOCON Dorong Fans Ikut Menulis Sepak Bola

Kamis, 27 Februari 2020 19:11 WIB
Penulis: Martini | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Martini/INDOSPORT
Nur Anasta Rahmat (kiri) dan Arief D. Laksono (kanan) dari Asosiasi Praktisi SEO Indonesia (APSI) usai memaparkan materi di SEO Conference 2020. Copyright: © Martini/INDOSPORT
Nur Anasta Rahmat (kiri) dan Arief D. Laksono (kanan) dari Asosiasi Praktisi SEO Indonesia (APSI) usai memaparkan materi di SEO Conference 2020.

INDOSPORT.COM - Gelaran SEO Conference 2020 masih membahas bagaimana Search Engine Optimalization berpengaruh kepada masyarakat pembaca, khususnya peminat olahraga sepak bola yang kerap kali mencari berita via media daring.

Sebagaimana diketahui, Indonesia merupakan salah satu negara dengan penikmat sepak bola paling banyak dan loyal, baik untuk kompetisi dalam negeri seperti Liga 1, hingga event multinasional termasuk Piala Dunia dan Olimpiade.

Sebagai fans atau suporter yang mengidolakan klub atau sosok pemain, rasanya tentu ingin terus mendengar kabar terkini, atau mendengar kabar baik dari klub dan pemain tersebut.

Tak hanya sekadar mencari tahu kabar pemain dan klub, SEOCON 2020 juga mendorong fans sepak bola untuk turut serta menulis berita dan membangun citra positif untuk klub mereka lewat media internet yang midah dan murah untuk diakses.

"Fans itu maunya berita yang baik-baik. Misalnya kayak PSS yang kasus Sepak Bola Gajah, itu kan zamannya PSS namanya benar-benar hancur," ujar Arief D. Laksono, Presiden Asosiasi Praktisi SEO Indonesia (APSI) kepada INDOSPORT.

"Harusnya klub sendiri yang fokus mengembalikan citra, lalu ada reputasi manajemen juga," tambah penggemar klub sepak bola Liverpool tersebut.

Selain Arif D. Laksono, pakar SEO Indonesia lainnya, Nur Anasta Rahmat juga membenarkan jika peran fans dan suporter dapat mendorong kemajuan kkub favoritnya dengan turut menulis di media.

"Kalau dari segi fans, misalnya akhir-akhir ini Liverpool mulai naik, kemarin habis menang 3-2, harusnya fansnya mulai nge-blog, bisa juga kolaborasi dengan media," papar Nur Anasta di sela-sela acara SEOCON 2020.

Perlu diketahui, SEOCON 2020 telah dilangsungkan sejak Rabu (26/02/20) hingga Kamis (27/02/20) di Mall Kota Kasablanka. Sejumlah pakar SEO dari dalam dan luar negeri turut memaparkan materi dan pelatihan di acara tersebut.