In-depth

Manchester United Bisa Jadi Juara Liga Europa Musim Ini, Asalkan..

Jumat, 28 Februari 2020 14:36 WIB
Editor: Coro Mountana
© Clive Brunskill/Getty Images
Semakin Dekat, Manchester United Bisa Juara Liga Europa, Asalkan.. Copyright: © Clive Brunskill/Getty Images
Semakin Dekat, Manchester United Bisa Juara Liga Europa, Asalkan..

INDOSPORT.COM – Dengan kemenangan telak atas Club Brugge, semakin mendekatkan Manchester United untuk menjuarai Liga Europa musim ini, asalkan..

Manchester United akhirnya memastikan diri lolos ke babak 16 besar Liga Europa setelah membantai Club Brugge pada leg kedua. Alhasil, Manchester United pun lolos ke 16 besar dengan agregat 6-1.

Kelima gol Manchester United dini hari tadi sendiri disumbangkan oleh Bruno Fernandes, Odion Ighalo, Scott McTominay, dan brace dari Fred. Meski tidak menurunkan David De Gea di posisi kiper, ternyata Manchester United masih terlalu tangguh.

Dengan kaki yang sudah berada di 16 besar, jelas mimpi Manchester United untuk menjuarai Liga Europa semakin dekat. Manchester United bisa jadi juara Liga Europa, asalkan..

Kehadiran Mesias Bruno Fernandes

Patut diketahui sejak kedatangan Bruno Fernandes, Manchester United berhasil bangkit. Bak seorang mesias, Bruno Fernandes berhasil mengangkat peforma Manchester United dalam 4 pertandingan yang telah dimainkan.

Uniknya, selama 5 laga debut Bruno Fernandes, Manchester United tidak pernah merasakan kekalahan. Bahkan, Bruno Fernandes berhasil mencetak 2 gol dan 2 assists dalam 5 pertandingan Manchester United.

Peran Bruno Fernandes di Manchester United karena telah menjadi jawaban dari kebutuhan tim akan seorang playmaker. Seperti yang kita tahu di awal musim, Manchester United tidak punya playmaker, tetapi kedatangan Bruno Fernandes bak seorang mesias saat ini.

Banyak Tim Besar Sudah Gugur

Satu catatan penting mengapa Manchester United memiliki peluang semakin besar untuk menjuarai Liga Europa karena banyak tim besar berguguran. Mulai dari Porto, Benfica, Ajax Amsterdam, hingga Arsenal.

Padahal tim-tim seperti Ajax dan Arsenal tadinya diprediksi bakal menjadi pesaing utama bagi Manchester United untuk menjuarai Liga Europa. Pasalnya, Ajax adalah semifinalis Liga Champions musim lalu, sedangkan Arsenal adalah finalis Liga Europa.

© Etsuo Hara/Getty Images
Para pemain Arsenal tertunduk lesu usai ditaklukan Chelsea di final Liga Europa. Etsuo Hara/Getty Images Copyright: Etsuo Hara/Getty ImagesPara pemain Arsenal tertunduk lesu usai ditaklukan Chelsea di final Liga Europa. Etsuo Hara/Getty Images

Praktis, kini tim-tim besar yang masih bisa menghalangi mimpi Manchester United untuk menjuarai Liga Europa tinggal menyisakan Roma, Inter Milan dan Sevilla saja. Asal tidak bertemu tim-tim seperti di babak awal, Manchester United bisa melenggang mulus.

Bisa Juara Asal Tak Ada Badai Cedera dan Fokus di Liga Europa

Dengan dua alasan itu, Manchester United, tetapi argumentasi itu juga bisa menjadi penghalang setan merah untuk juara Liga Europa. Soalnya badai cedera utamanya jika melanda Bruno Fernandes dan fokus terpecah antara Liga Inggris dan Liga Europa.

Bisa menggagalkan usaha Manchester United untuk menjadi juara Liga Europa. Seandainya Bruno Fernandes cedera dan Manchester United fokusnya terbagi ke Liga Inggris juga, maka mimpi menjadi juara Liga Europa bisa saja gagal diwujudkan.