Liga Indonesia

Raphael Maitimo, dari Timnas Belanda hingga Terombang-ambing di Liga Indonesia

Jumat, 28 Februari 2020 04:04 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Rafif Rahedian
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Sebelum dikabarkan dekat dengan Agnez Mo, pemain naturalisasi dari Belanda Raphael Maitimo lebih banyak terobang-ambing di Liga Indonesia. Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Sebelum dikabarkan dekat dengan Agnez Mo, pemain naturalisasi dari Belanda Raphael Maitimo lebih banyak terobang-ambing di Liga Indonesia.

INDOSPORT.COM - Sebelum dikabarkan dekat dengan Agnez Mo, pemain naturalisasi dari Belanda Raphael Maitimo lebih banyak terombang-ambing di Liga Indonesia.

Raphael Maitimo meramikan sepak bola indonesia dengan kabar kedekatannya dengan penyanyi pop internasional asal Indonesia, Agnez Mo atau Agnes Monica.

Kabar yang meramaikan pemberitaan hari ini, Kamis (27/02/20), seakan mengangkat kembali nama Maitimo yang belakangan mulai jarang terdengar di sepak bola Indonesia.

Dengan latar belakang pernah memperkuat Timnas Belanda U-15 hingga U-17, Maitimo sempat menghadirkan harapan besar sepak bola Indonesia saat PSSI menaturalisinya menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) Oktober 2010.

Selang beberapa bulan usai dinaturalisasi, Maitimo pun mulai menjejakan kakinya di Liga Indonesia. Mulai dari klub Liga Premier Indonesia (LPI) Bali Devata, hingga akhirnya memperkuat Mitra Kukar setelah sempat hengkang sebentar ke klub Belanda, Capelle.

Di Mitra Kukar selama Liga Super Indonesia (LSI) 2013/14, Maitimo cukup mendapatkan banyak kesempatan. Dengan 35 penampilan dan sumbangsih dua gol.

Sempat bermain di Sriwijaya FC pada kompetisi LSI 2015 yang kemudian dibekukan, pada kompetisi Indonesia Soccer Championship 2016/17, Maitimo juga masih mendapatkan banyak kesempatan bermain bersama Arema Cronus. Sebanyak 36 caps bisa ditorehkannya, dengan catatan dua gol di klub asal Malang itu.

Dirinya .mMasih bisa menjaga menit bermainnya di Persib Bandung selama Liga 1 2017. Dengan catatan 28 penampilan dan torehan sembilan gol. Karier Maitimo mengalami ketidakjelasan ketika dirinya bergabung bersama Madura United setelahnya.

Gagal bersaing memperebutkan tempat utama, pemain yang kini berusia 35 tahun itu hanya 10 kali bermain, hingga akhirnya terdepak ke Persebaya Surabaya.

Sayangnya di Persebaya, karier Maitimo juga tak kunjung membaik. Hanya dua caps dirasakannya. Sampai-sampai harus membuat dirinya rela bermain di klub Liga 2 2019, PSIM Yogyakarta

Tetapi tampil di Liga 2 2019 tak lantas membuat karier Maitimo berjalan panjang. Dirinya kembali harus merasakan berpindah klub. Memperkuat PSM Makassar di paruh kedua Liga 1 2019

Bisa mencatatkan 18 kali bermain, meski banyak dari bangku cadangan. Maitimo  yang semkain berumur pun tak diperpanjang kontraknya oleh PSM Makassar.

Kini status pemain yang kini dekat dengan Agnez Mo itu belum menemui kejelasan. Belakangan hanya muncul kabar bahwa dirinya diminati oleh klub Liga 2 2020, Persis Solo.