Liga Indonesia

Arema FC vs Persib Bandung, Viking Putuskan Batal ke Malang

Sabtu, 7 Maret 2020 10:59 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Isman Fadil
© Arif Rahman/INDOSPORT
Viking Persib Club (VPC) dipastikan tidak akan datang ke Stadion Kanjuruhan, Malang Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Viking Persib Club (VPC) dipastikan tidak akan datang ke Stadion Kanjuruhan, Malang

INDOSPORT.COM - Viking Persib Club (VPC) dipastikan tidak akan datang ke Stadion Kanjuruhan, Malang, Minggu (08/03/2020) saat pertandingan tandang Persib Bandung di Liga 1 2020 menghadapi Arema FC. 

Keputusan tersebut diambil ketua Viking, Herru Joko setelah bertemu dan koordinasi dengan beberpa pihak di Malang, seperti dengan supporter tuan rumah Aremania pada Jumat (060/03/2020). 

Menurut Herru, pada pertemuan tersebut, supporter tuan rumah sangat menyambut baik kehadirannya sebagai perwakilan Bobotoh yang ingin berkoordinasi terkait rencana kehadiran pendukung Persib di Malang. 

"Tadi ketemu banyak orang ngobrol, intinya apresiasi besar dari Aremania menyambut juga Aremania banyak. Tapi kan menyangkut orang banyak apresiasi buat kepolisian dan Panpel, jadi ke sini itu mau memastikan aman tidak," kata Herru, Jumat (06/03/2020). 

Setelah pertemuan tersebut, beberapa pihak menyarankan Bobotoh untuk tidak hadir ke Stadion Kanjuruhan, saat Arema FC menjamu Persib. Hal itu, diputuskan dengan beberapa pertimbangan dan untuk kebaikan bersama. 

"Setelah diskusi ternyata atas saran dari banyak orang kita mengimbau untuk tidak datang saja Bobotoh ke malang. Orang Malang tidak mau berkelanjutan negatif teh, inginnya positif hubungan kita karena kita tidak ada sejarah permusuhan dan itu harus kita jaga sebenarnya," ucapnya. 

"Dan sekarang khawatir dalam keadaan banyak orang ke Kanjuruhan banyak penumpang gelap jadi ceritanya baru lagi," jelasnya. 

Sebagai seorang Bobotoh, Herru mengaku ingin mendukung langsung perjuangan skuat Maung Bandung di Malang. Hanya saja, ada hal yang lebih penting dari itu, sehingga pihaknya meminta Bobotoh untuk tidak memaksakan diri hadir di Stadion Kanjuruhan. 

"Kalau hati mah ingin lah menonton Persib langsung, tapi kebersamaan banyak orang harus terjaga, nama baik harus dijaga. Kita harus membantu polisi yang punya itikad baik dan Panpel yang sudah bekerja. Jadi semua disepakati jangan datang dulu," jelasnya. 

Sementara itu, pelatih Persib Persib Robert Rene Alberts sebelumnya menyambut positif jika timnya bisa mendapat dukungan langsung dari Bobotoh di Malang. Karena menurutnya, bukan hal yang aneh di sepak bola terutama di Eropa, tim tamu didukung langsung supporternya.