Liga Indonesia

Curhat Ezra Walian Soal Ketidakjelasan Statusnya di Timnas dan PSM

Selasa, 10 Maret 2020 17:26 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Ezra Walian belum lama ini angkat bicara mengenai statusnya yang belum pasti di Timnas Indonesia dan juga PSM Makassar. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Ezra Walian belum lama ini angkat bicara mengenai statusnya yang belum pasti di Timnas Indonesia dan juga PSM Makassar.

INDOSPORT.COM - Ezra Walian belum lama ini angkat bicara mengenai statusnya yang belum pasti di Timnas Indonesia dan juga PSM Makassar.

Pemain 22 tahun itu tidak bisa membela skuat Garuda dan Juku Eja di laga internasional karena namanya masih tercatat di federasi sepak bola Belanda.

Meski telah menjadi WNI, status Ezra sebagai pesepakbola belum disahkan FIFA, lantara masih belum selesainya administrasi untuk perpindahan antar federasi. Hal itu pula membuatnya absen di Piala AFC 2020 yang diikuti PSM Makassar.

Oleh sebab itu, Ezra sangat berharap PSSI bergerak cepat membantu menyelesaikan masalah yang dihadapinya. Ia sudah tak sabar beraksi dilevel internasional.

"Sekarang kami juga sedang fokus di AFC, tapi saya tak bisa bermain. Tapi saya pikir saya akan mempersiapkan diri buat Liga 1," tuturnya.

"Ya, saya masih tak bisa bermain untuk negara dan PSM di AFC, jadi saya berharap cepat selesai. Tapi, saya belum tahu, ini cukup sulit, semoga ada jalan keluar," imbuhnya.

Sebelum memutuskan menjadi WNI, Ezra sempat membela Timnas Belanda U-15, U-16 dan U-17. Bahkan, mantan pemain Ajax Amsterdam itu tampil di Kualifikasi Piala Eropa UEFA U-17 pada tahun 2013.

Setelah dinaturalisasi, dalam beberapa kesempatan Ezra dipanggil dan bermain untuk Timnas U-23 dan senior Indonesia yang dilatih oleh Luis Milla. Akan tetapi, persoalan di atas membuat dirinya tidak dapat lagi berada di skuat Garuda sejak tahun 2019.

Sementara itu, Ezra bergabung dengan PSM Makassar pada September 2019. Dari 14 penampilan di Liga 1 2019, ia sukses mencetak tiga gol.