Liga Indonesia

PSM Makassar Catat Start Paling Buruk Dalam Sejarah Liga 1 Bersama Bojan Hodak

Senin, 23 Maret 2020 20:46 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© AFC
Catatan PSM Makassar di tiga pekan awal Liga 1 2020 bersama pelatih Bojan Hodak ternyata menciptakan rekor yang jauh dari kata membanggakan. Copyright: © AFC
Catatan PSM Makassar di tiga pekan awal Liga 1 2020 bersama pelatih Bojan Hodak ternyata menciptakan rekor yang jauh dari kata membanggakan.

INDOSPORT.COM - PSM Makassar mencatat start paling buruk dalam sejarah Liga 1 bersama pelatih Bojan Hodak. Di bawah kepemimpinan pria asal Kroasia itu, Pasukan Ramang meraih poin paling buruk dalam empat edisi terakhir.

Dari tiga laga awal diajang Shopee Liga 1 2020, PSM meraih lima poin hasil dari sekali menang dan dua kali imbang. Meski tak terkalahkan, rupanya catatan tersebut menjadi yang paling buruk dibandingkan tiga musim sebelumnya.

Tidak hanya itu, gawang PSM selalu jebol pada tiga laga awal musim ini, catatan yang lagi-lagi terbilang buruk. Sebab pada tiga edisi Liga 1 sebelumnya, Pasukan Ramang paling tidak selalu mampu mencatatkan sekali cleansheet.

Lantas, bagaimanakah performa PSM Makassar pada tiga pekan awal kompetisi Liga 1 dari edisi 2017 hingga 2020 ini? Berikut redaksi berita INDOSPORT rangkum untuk Anda.

Liga 1 2017

Pada edisi pertama Liga 1 ini, PSM Makassar mampu meraih tujuh poin pada tiga laga awal. Dengan rincian dua kali meraih kemenangan dan sekali imbang plus membuat lima gol berbanding dua kali kebobolan.

PSM juga mampu mencatatkan sekali cleansheet tepatnya pada pekan ketiga saat melawan musuh bebuyutan, Persija Jakarta. Berkat capaian ini, Pasukan Ramang menjadi pemuncak klasemen sementara Liga 1 2017.

Tiga Laga Awal PSM Makassar Diajang Liga 1 2017:

Pekan 1: PSM Makassar 3-1 Persela Lamongan

Pekan 2: Mitra Kukar 1-1 PSM Makassar

Pekan 3: PSM Makassar 1-0 Persija Jakarta

Liga 1 2018

Semusim kemudian, PSM Makassar kembali mencatatkan start impresif dalam kampanye perburuan gelar juara. Pasukan Ramang mampu meraih enam poin pada tiga laga awal diajang Liga 1 2018.

Dua laga awal mampu disapu bersih dengan kemenangan plus catatan cleansheet. Termasuk tiga poin dramatis dari Stadion Marora, kandang Perseru Serui yang dikenal sangat angker bagi klub pendatang.

Sayang, dua kemenangan awal plus cleansheet membuat pemain PSM terlena sehingga takluk pada pekan ketiga di kandang sendiri. Alhasil, Pasukan Ramang menempati peringkat keempat pasca pekan ketiga.

Tiga Laga Awal PSM Makassar Diajang Liga 1 2018:

Pekan 1: PSM Makassar 2-0 PSIS Semarang

Pekan 2: Perseru Serui 0-1 PSM Makassar

Pekan 3: PSM Makassar 2-3 Persela Lamongan

Liga 1 2019

Start PSM pada Liga 1 2019 menjadi yang paling baik dibanding dua musim sebelumnya ataupun kini. Pasukan Ramang mampu menunjukkan performa impresif meskipun harus berbagi fokus ke Piala AFC dan Piala Indonesia.

Meski perolehan poin sama dengan pada Liga 1 edisi 2017, yakni tujuh, namun ada satu hal yang membuat catatan pada musim lalu lebih baik. Hal tersebut ialah keberhasilan meraih cleansheet pada tiga laga awal.

Gawang PSM yang pada musim lalu dikawal oleh Rivky Mokodompit yang kini hijrah ke Persebaya Surabaya, terus perawan pada tiga pekan awal. Meski demikian, Pasukan Ramang hanya mampu menempati peringkat ketiga di klasemen sementara Liga 1 2019 setelah tiga pekan berlalu.

Tiga Laga Awal PSM Makassar Diajang Liga 1 2019:

Pekan 1: PSM Makassar 1-0 Semen Padang

Pekan 2: PSM Makassar 4-0 Perseru Badak Lampung FC

Pekan 3: Tira Persikabo 0-0 PSM Makassar

Liga 1 2020

Pada Liga 1 2020 ini, PSM bersama Bojan Hodak memang belum terkalahkan setelah melewati tiga pekan. Namun, Pasukan Ramang sudah melepas poin penuh dari satu laga kandangnya ditambah tak pernah mencatatkan cleansheet.

Tentu saja, catatan tersebut bisa dibilang buruk bagi sebuah klub yang menargetkan juara. Sebab, dengan persaingan antar kontestan yang sangat ketat, setiap klub wajib memaksimalkan seluruh laga kandangnya jika tak ingin terpeleset.

Tiga Laga Awal PSM Makassar Diajang Liga 1 2020:

Pekan 1: PSM Makassar 2-1 PSS Sleman

Pekan 2: Persita Tangerang 1-1 PSM Makassar

Pekan 3: PSM Makassar 1-1 Barito Putera

1