Julia Simic, Ratu Sepak Bola Jerman yang Senyumnya Bisa Mengalihkan Dunia

Minggu, 29 Maret 2020 20:11 WIB
Penulis: Yosef Bayu Anangga | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Nama Simic di kalangan penggemar sepak bola di Indonesia lebih identik dengan penyerang Persija, Marco Simic. Namun, ternyata ada bintang sepak bola wanita asal Jerman yang memiliki nama belakang yang sama, yakni Julia Simic.

Meski berdarah Kroasia, Julia Simic justru sudah membela timnas sepak bola wanita Jerman sejak di kelompok U15. Ia membela Jerman secara bertahap dari U15 dan berbagai kelompok usia lainnya, hingga akhirnya sukses menembus timnas senior.

Di tingkat klub, pemain yang memiliki senyum yang amat manis ini mengawali kariernya di klub Bayern Munchen pada tahun 2005 ketika usianya masih 16 tahun. Simic menghabiskan 8 tahun bermain di klub tersebut dan menjuarai Bundesliga Cup pada tahun 2011 serta DFB Pokal pada akhir musim 2011/2012.

Pada tahun 2013, Simic meninggalkan Bayern untuk bergabung dengan salah satu klub papan atas di dunia persepakbolaan wanita di Jerman, yakni Turbine Potsdam.

Bersama klub barunya ini, Simic menjalani musim paling produktif sepanjang karier dengan mencetak 12 gol pada musim 2013/2014. Ia juga sukses membawa Potsdam lolos hingga ke babak semi final Liga Champions.

Penampilan gemilangnya bersama Potsdam membuat juara Bundesliga saat itu, Wolfsburg, tertarik dan kemudian memutuskan untuk mendatangkannya.

Keputusan kepindahan itu pun terbukti menjadi keputusan yang amat bagus. Bersama Wolfsburg ia meraih puncak prestasi dengan tiga musim beruntun menjuarai DFB Pokal, yakni musim 2014/2015 - 2016/2017, dan bahkan untuk pertama kali menjuarai Bundesliga pada musim 2016-2017.

Penampilan gemilangnya bersama Wolfsburg bahkan membuat pemain yang berposisi sebagai gelandang ini sukses menembus timnas Jerman. Ia menjalani debutnya bersama tim nasional negaranya itu pada Oktober 2016 ketika menghadapi Austria.

Pada tahun 2018, Simic memutuskan untuk meninggalkan Wolfsburg sekaligus Jerman untuk mengembangkan sayapnya ke Liga Inggris dengan menerima pinangan West Ham United. Musim ini Simic sudah 5 kali memperkuat West Ham, sebelum akhirnya kompetisi dihentikan karena wabah corona.

Secara total sampai saat ini Simic sudah mengumpulkan 1 gelar Bundesliga dan 4 gelar DFB Pokal di level klub, serta 1 gelar juara Kejuaraan Eropa U19 bersama timnas Jerman.

Berikut deretan foto-foto Simic ketika beraksi maupun memamerkan senyum manisnya

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

~Storms make trees take deeper roots~ 🎋🌴🌳 #ontothenext

A post shared by Julia Simic (@simicjulia) on

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Valentine’s Day spent well... 🖤☀️ #turisti #mamamia

A post shared by Julia Simic (@simicjulia) on

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A week ago in the bathroom ... 🛁 #soapsmelleddelicous #sinkwasonfire #towelswereamazing

A post shared by Julia Simic (@simicjulia) on