Bola Internasional

Bundesliga Jerman Tetapkan Batas Usia Minimum, Borussia Dortmund Ketiban Untung

Jumat, 3 April 2020 16:23 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Bundesliga
Youssoufa Moukoko (kanan) bisa menjadi pemain termuda Bundesliga Jerman sepanjang masa akibat peraturan baru yang diterapkan oleh DFL. Copyright: © Bundesliga
Youssoufa Moukoko (kanan) bisa menjadi pemain termuda Bundesliga Jerman sepanjang masa akibat peraturan baru yang diterapkan oleh DFL.

INDOSPORT.COM – DFL selaku otoritas Bundesliga Jerman baru-baru ini telah mengumumkan batas usia minimun seorang pemain bisa berlaga di kompetisi tersebut.

Dilansir dari laman resmi Bundesliga Jerman, hasil diskusi yang dilakukan DFL memutuskan bahwa batas usia minimum pemain yang bisa berlaga adalah 16 tahun. Peraturan baru ini mulai akan berlaku pada musim 2020-2021 mendatang.

Sekadar informasi, peraturan sebelumnya hanya memperbolehkan pemain dengan usia minimal 17 tahun untuk tampil di pertandingan Bundesliga Jerman.

Dengan peraturan baru ini, Borussia Dortmund tampaknya menjadi tim yang paling diuntungkan. Pasalnya, mereka memiliki segudang talenta berusia belia yang siap tampil mengejutkan di Bundesliga Jerman, salah satunya Youssoufa Moukoko yang dianggap sangat fenomenal.

Moukoko sendiri melakoni debut di tim U-17 Dortmund ketika usianya baru 12 tahun dan musim 2019-2020 ini dirinya telah masuk di U-19. Saat ini di usianya yang barumenginjak 15 tahun, Moukoko telah masuk dalam rencana taktik Lucien Favre.

Musim ini di kompetisi U-19, Youssoufa Moukoko berhasil tampil sangat impresif dan mencetak 35 gol dari 26 penampilan. Performa gemilangnya tersebut membuatnya dipanggil ke Timnas Jerman U-19 di usianya yang baru 15 tahun.

Pada tanggal 20 November 2020 mendatang, Youssoufa Moukoko akan menginjak usia 16 tahun. Usia minimal seorang pemain bisa tampil di Bundesliga Jerman.

Tampaknya dirinya akan segera melakukan debut ketika usianya telah memasuki angka 16 tahun. Bisa saja Moukoko akan memecahkan rekor Nuri Sahin sebagai pemain termuda yang pernah berlaga di Bundesliga Jerman.