Liga Indonesia

Juga Persebaya, 4 Klub Liga 1 2020 Pakai Jasa Pemain Asing Muslim

Senin, 6 April 2020 17:22 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Terdapat 4 klub sepak bola nasional Liga 1 2020 yang pakai jasa pemain asing beragama Islam alias muslim, termasuk juga Persebaya Surabaya. Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Terdapat 4 klub sepak bola nasional Liga 1 2020 yang pakai jasa pemain asing beragama Islam alias muslim, termasuk juga Persebaya Surabaya.

INDOSPORT.COM - Terdapat 4 klub sepak bola nasional Liga 1 2020 yang pakai jasa pemain asing beragama Islam alias muslim, termasuk juga Persebaya Surabaya.

Pentas Liga 1 musim ini tengah terhenti akibat pandemi virus corona (COVID-19) yang melanda Indonesia. Penundaan tersebut dilakukan oleh PSSI.

Padahal Liga 1 sudah berjalan selama tiga pekan. Persib Bandung sukses memimpin daftar klasemen sementara dan Wander Luiz memuncaki daftar top skor.

Pentas Liga 1 memang kerap menghadirkan pemain-pemain asing. Hal ini sesuai aturan yang ditetapkan oleh operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Setiap klub Liga 1 hanya boleh mengontrak empat pemain asing saja, dengan rincian tiga dari negara bebas dan satu berasal kawasan Asia (3+1).

Kehadiran pemain asing juga bisa menambah persaingan akan para penggawa lokal. Tak hanya itu daya jual klub terhadap sponsor juga diprediksi cukup baik.

Kendati begitu ada sejumlah hal menarik dari kehadiran pemain asing. Sebab sederet klub tak ragu mengontrak pemain asing yang memang memeluk agama Islam.

Indonesia sendiri memang dikenal sebagai negara yang mayoritas masyarakatnya seorang muslim. Sehingga kehadiran pemain asing muslim ini gampang diterima.

Maka dari itu, berikut ini merupakan deretan pemain asing yang memang telah beragama Islam dan tengah berkarier di Liga 1.

1. Borneo FC

© Twitter.com/pusamaniaborneo
Bek Borneo FC, Javlon Guseynov, saat tampil melawan Kalteng Putra di Liga 1 2019. Copyright: Twitter.com/pusamaniaborneoBek Borneo FC, Javlon Guseynov, saat tampil melawan Kalteng Putra di Liga 1 2019.

Klub asal Samarinda, Borneo FC menjadi salah satu tim Liga 1 2020 yang turut memakai jasa pemain asing muslim. Total ada dua orang yang Pesut Etam kontrak.

Mereka ialah gelandang asal Tajikistan Nuriddin Davronov dan bek kelahiran Uzbekistan Javlon Guseynov. Dua pemain ini sudah diturunkan Borneo FC di Liga 1 2020.

Dua pemain ini merupakan muslim yang taat lantaran tak pernah melewatkan salat berjamaah. Bahkan Davronov dan Guseynov turut merasakan puasa Ramadan di Indonesia.

2. Persita Tangerang

© Bobby Abdullah/Media Persita
Tamirlan Kozubaev, pemain Persita Tangerang. Copyright: Bobby Abdullah/Media PersitaTamirlan Kozubaev, pemain Persita Tangerang.

Berikutnya ada bek anyar Persita Tangerang Tamirlan Kozubaev (Kirgistan) yang diketahui merupakan seorang muslim di pentas Liga 1 2020.

Pertama kali ada tawaran dari Indonesia, Tamirlan mengaku mencari tahu dulu akan klub yang meminatinya serta bagaimana kultur sepak bola Tanah Air.

"Apalagi saya seorang muslim dan saya pikir tidak akan sulit. Saya akan berusaha cepat beradaptasi," tutur Tamirlan, Selasa (21/01/20).

3. PSM Makassar

© Twitter/@PSM_Makassar
Bek PSM Makassar Hussein El Dor. Copyright: Twitter/@PSM_MakassarBek PSM Makassar Hussein El Dor.

Selanjutnya ada bek asal Lebanon Hussein El Dor yang baru didatangkan oleh jawara Piala Indonesia 2018-19 PSM Makassar untuk melakoni pentas Liga 1 2020.

Hussein telah menjalani beberapa pertandingan bersama PSM, baik di Liga 1 ataupun Piala AFC pada musim ini. Dirinya juga telah membuat satu gol.

Dalam beberapa kicauan di akun media sosial Twitter pribadinya yang telah terverifikasi, Hussein kerap me-retweets tentang Islam.

"Katakan Alhamdulillah, karena kamu selalu mendapatkan lebih dari yang kamu pikir miliki," tweet Hussein yang di-pinned, 12 Desember 2019.

4. Persebaya Surabaya

© Fitra Herdian Ariestianto/INDOSPORT
Makan Konate. Copyright: Fitra Herdian Ariestianto/INDOSPORTKapten Persebaya Surabaya Makan Konate.

Terakhir ada wakil Jawa Timur di pentas Liga 1 2020, yakni Persebaya Surabaya yang diketahui memang mengontrak pemain asing muslim.

Makan Konate (Mali) dan Mahmoud Eid (Swedia-Palestina) merupakan pemain asing beragama Islam yang dimaksud. Konate telah lama mentas di Indonesia sedangkan Eid perdana.

Diketahui kalau keduanya kerap melakukan salat berjamaah di masjid dekat apartemen mereka tinggal. Artinya, Konate dan Mahmoud merupakan muslim yang taat.