Bola Internasional

Meskipun Pendek, 5 Kiper Ini Tetap Bisa Tampil Cemerlang

Selasa, 7 April 2020 20:34 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© howtheyplay
Jorge Campos adalah salah satu kiper terpendek sepanjang masa. Copyright: © howtheyplay
Jorge Campos adalah salah satu kiper terpendek sepanjang masa.

INDOSPORT.COM – Penjaga gawang adalah salah satu posisi yang idealnya diperankan oleh pemain yang memiliki tinggi badan di atas rata-rata. Selain untuk menghadirkan rasa aman, tinggi badan tersebut berfungsi untuk memudahkan kerja penjaga gawang tersebut.

Di Liga Inggris saja, rata-rata tinggi penjaga gawang para 20 klub yang menjadi kontestan di kasta tertinggi tersebut berkisar di angka 190 cm. Di liga-liga top Eropa lainnya, barisan penjaga gawang yang bertugas juga memiliki tinggi badan di angka itu.

Walaupun ada beberapa penjaga gawang seperti Iker Casillas, Victor Valdes, David Ospina, atau Claudio Bravo yang tetap tampil gemilang meskipun terhitung pendek untuk ukuran penjaga gawang kelas Eropa.

Namun, mereka bukanlah yang terpendek. Dilansir dari data yang dirangkum oleh How They Play, berikut adalah 5 penjaga gawang terpendek sepanjang masa. Meskipun memiliki badan yang mungil, mereka terbukti tetap bisa tampil cemerlang dan berprestasi.

Ted Burgin (170 cm)

© howtheyplay
Ted Burgin. Copyright: howtheyplayTed Burgin adalah kiper terpendek yang tercatat pernah bermain di Liga Inggris.

Burgin adalah salah satu kiper terbaik asal Inggris. Dirinya tercatat pernah membela Sheffield United, Doncaster Rovers, Leeds United, dan Rochdale.

Meskipun memiliki badan yang mungil, Burgin terkenal sangat lincah ketika bertugas mengamankan gawangnya dari serangan lawan. Hal tersebut membuatnya bisa bertahan dan dipercaya menjadi kiper nomor satu di Sheffield selama hampir 8 musim.

Juan Botasso (169 cm)

© howtheyplay
Juan Botasso. Copyright: howtheyplayJuan Botasso.

Botasso adalah salah satu kiper yang memiliki tinggi badan di angka 160 cm. Bertinggi badan 169 cm tak membuat dirinya minder dan tampil jelek. Nyatanya, Botasso adalah salah satu andalan timnas Argentina di ajang Piala Dunia tahun 1930.

Francesco Quintini (168 cm)

© howtheyplay
Francesco Quintini. Copyright: howtheyplayFrancesco Quintini.

Quintini adalah pemegang rekor kiper terpendek di Serie A Italia. Bertinggi badan hanya 168 cm, dirinya tampil sebanyak 9 laga bersama AS Roma setelah melakoni debut di musim 1971/72.

Jorge Campos (168 cm)

©
Caption Copyright: Jorge Campos adalah panutan para kiper pendek yang ada di seluruh penjuru dunia.

Campos adalah nama tersukses di dalam daftar ini. Terkenal akan gaya akrobatiknya saat mengamankan gawang dan kostum atraktif yang selalu berwarna mencolok, kiper asal Meksiko ini adalah salah satu kiper terbaik di dunia meskipun tinggi badannya hanya mencapai 168 cm.

Mencatatkan 130 penampilan dan berhasil mempersembahkan 2 Piala CONCACAF dan 1 Piala Konfederasi serta berlaga di 2 gelaran Piala Dunia untuk timnas Meksiko, dirinya berhasil membuktikan jika tinggi badan bukan suatu masalah yang besar bagi seorang penjaga gawang.

Pedro Manuel Benitez Arpolda (166 cm)

© howtheyplay
Pedro Manuel Benítez Arpolda. Copyright: howtheyplaySalah Satu aksi Pedro Manuel Benítez Arpolda.

Inilah kiper terpendek yang pernah berlaga di kancah profesional dan tercatat di dalam sejarah. Arpolda adalah kiper andalan Paraguay di masa lampau. Dirinya berhasil tampil di Piala Dunia 1930 meskipun memiliki tubuh yang sangat mungil.

Barisan kiper terpendek sepanjang sejarah yang ada di dalam daftar di atas berhasil membuktikan jika tinggi badan tidak menghentikan mereka untuk tampil impresif guna menjalankan tugas sebaik-baiknya.