Bola Internasional

FIFA Resmi Ubah Jadwal dan Kebijakan Bursa Transfer, Kapan?

Rabu, 8 April 2020 17:11 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Getty Images
FIFA menyesuaikan jadwal bursa transfer dan juga jatuh tempo kontrak pemain, menyusul agenda liga yang berantakan akibat corona. Copyright: © Getty Images
FIFA menyesuaikan jadwal bursa transfer dan juga jatuh tempo kontrak pemain, menyusul agenda liga yang berantakan akibat corona.

INDOSPORT.COM - Federasi Sepak Bola Dunia, FIFA, akhirnya secara resmi megeluarkan keputusan mengenai perpanjangan bursa transfer yang bersifat fleksibel.

Hal ini sebabkan adanya pandemi virus corona yang menyerang beberapa negara di Eropa dan hampir di seluruh dunia. Akibatnya banyak kompetisi sepak bola seperti Liga Inggris, La Liga, Serie A Italia, Bundesliga, tak luput Liga Champions dan Liga Europa harus ditangguhkan sementara waktu.

Melihat kondisi seperti ini, akhirnya banyak liga yang harus mengalami kemunduran kompetisi yang sebelumnya sudah ditetapkan di awal. Kemunduran akhir kompetisi ini membuat kontrak pemain jadi bermasalah dan juga soal bursa transfer.

Melihat kebingungan itu, akhirnya FIFA memutuskan mengubah jadwal bursa transfer musim panas, dari sebelumnya 1 Juli hingga 2 September, FIFA memberikan sifat yang fleksibel di setiap kompetisi untuk menentukan masa tenggatnya masing-masing.

“Perlu penyesuaian terhadap regulasi awal dengan situasi saat ini. Karena itu, FIFA akan fleksibel dan membolehkan bursa transfer ntuk dipindahkan dan jatuh pada masa di antara akhir musim dan awal musim,” tulis FIFA dalam situs resminya.

  • Dalam pernyataan tersebut, FIFA juga memberikan keputusan bahwasannya kontrak pemian yang habis per 30 Juni bisa diperpanjang oleh klub hingga kompetisi benar-benar tuntas.

“Kontrak pemain yang akan habis biasanya berakhir saat musim berakhir. Dengan penundaan kompetisi, sudah jelas bahwa musim ini tak akan berakhir normal, diusulkan agar kontrak para pemain diperpanjangan hingga musim benar-benar berakhir,” tambahnya.

Kebijakan serupa juga berlaku untuk kontrak mereka yang dimulai pada musim baru, yang berarti berlakukanya kontrak akan ditunda hingga musim berikutnya.

Selain itu, FIFA juga meminta seluruh klub-klub dan badan liga di setiap negara untuk mencari solusi terbaik sesuai kondisi masing-masing di wilayahnya.