Bola Internasional

Hebat! Eks Persib Tak Terkalahkan Saat Jumpa Lionel Messi di Pentas Eropa

Kamis, 9 April 2020 07:05 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Indra Citra Sena
© Elisa Estrada/Real Madrid via Getty Images
Mantan gelandang tengah Real Madrid Michael Essien (kiri) berduel dengan megabintang Barcelona Lionel Messi (kanan). Copyright: © Elisa Estrada/Real Madrid via Getty Images
Mantan gelandang tengah Real Madrid Michael Essien (kiri) berduel dengan megabintang Barcelona Lionel Messi (kanan).

INDOSPORT.COM - Ternyata eks Persib Bandung, Michael Essien (2017), memiliki rekor mentereng tak terkalahkan saat berjumpa megabintang Barcelona, Lionel Messi, di pentas Eropa.

Duel pertama terjadi ketika Essien tengah membela klub Liga Inggris, Chelsea, edisi 2006-2007 silam. Panggungnya adalah Liga Champions.

Pada leg pertama, Chelsea sukses mengalahkan Barcelona dengan skor 1-0. Baik Essien maupun Messi tampil penuh selama 90 menit.

Lalu leg kedua, Barcelona hanya mampu menahan imbang Chelsea 2-2 di Camp Nou. Essien dan Messi lagi-lagi dipercaya starter sejak awal pertandingan.

Kemudian pertemuan Essien dengan Messi kembali terjadi pada ajang Liga Champions 2008-2009, tepatnya semifinal yang begitu menegangkan.

Sama-sama tampil starter, Essien sukses membawa Chelsea imbang dari Barcelona dengan skor 0-0. Lionel Messi pun dibuat tak berkutik di hadapan publik sendiri.

Pada leg kedua, Chelsea kembali menahan imbang Barcelona di Inggris (1-1). Bahkan Michael Essien turut menyumbang satu gol ke gawang klub yang dibela Messi.

© Jamie McDonald/Getty Images
Megabintang Barcelona Lionel Messi (kiri) berduel dengan mantan gelandang tengah Chelsea Michael Essien (kanan). Copyright: Jamie McDonald/Getty ImagesMegabintang Barcelona Lionel Messi (kiri) berduel dengan mantan gelandang tengah Chelsea Michael Essien (kanan).

Terakhir Essien, yang dipinjamkan ke raksasa LaLiga Spanyol Real Madrid pada musim 2012-13. Tepatnya di pekan ke-26 terjadi duel El Clasico melawan Barcelona.

Memiliki rekor mentereng ternyata membuat Essien kembali sukses mempecundangi Lionel Messi dalam laga tersebut yang berakhir 2-1.

Melihat lima pertemuan Essien dengan Messi barusan ternyata membuat mantan pemain Persib Bandung ini belum terkalahkan dari pemain sang megabintang Barcelona.

Kini Essien memang telah meredup. Namun di sisi lain, Messi tengah diperbincangkan bakal hengkang ke Liga Italia tepatnya Inter Milan.