Bola Internasional

Media Malaysia Soroti Timor Leste Berhasil Salip Indonesia di Ranking FIFA

Kamis, 9 April 2020 12:38 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© INDOSPORT
Media Malaysia, vocketfc, baru saja menyoroti sejarah kelam Timnas Indonesia pada lima tahun lalu saat disalip Timor Leste di ranking FIFA. Copyright: © INDOSPORT
Media Malaysia, vocketfc, baru saja menyoroti sejarah kelam Timnas Indonesia pada lima tahun lalu saat disalip Timor Leste di ranking FIFA.

INDOSPORT.COM - Media Malaysia, Vocketfc, baru saja menyoroti sejarah kelam Timnas Indonesia pada lima tahun lalu saat disalip Timor Leste di rangking FIFA.

Lima tahun silam tepatnya pada 9 April 2015, Indonesia yang sebelumnya duduk di posisi ke-156 harus turun ke peringkat 159 dunia akibat menderita kekalahan di ajang FIFA Match Day dan Kualifikasi Piala Dunia 2018.

"Pada hari ini, tepat lima tahun silam, Indonesia harus melihat fakta pahit. Skuat Garuda disalip oleh negara pecahannya sendiri, Timor Leste, dalam peringkat FIFA,"

"Dalam rilis FIFA per 9 April 2015, Indonesia yang sebelumnya berada di urutan ke-156 turun tiga tingkat ke posisi 159. Sementara Timor Leste naik 33 tingkat ke posisi 152," tulis Vocketfc.

Pada 2015 silam, Timnas Indonesia masih diarsiteki oleh pelatih asal Belanda bernama Pieter Huistra. Namun, karena Indonesia gagal di Kualifikasi Piala Dunia 2018 dan lolos ke Piala Asia 2019, Pieter Huistra langsung didepak oleh PSSI.

Apalagi, situasi sepak bola di Indonesia saat itu benar-benar sedang hancur. PSSI yang dipimpin oleh La Nyalla Mattalitti juga bersitegang dengan Kemenpora.

Lewat surat keputusan pada 17 April 2015, PSSI resmi dibekukan oleh Kemenpora karena mengabaikan tiga surat teguran.

Tindakan Menpora yang saat itu jabatan menteri diduduki oleh Imam Nahrawi kemudian memancing kemarahan FIFA.

FIFA geram karena adanya aturan yang melarang pemerintah untuk ikut campur urusan federasi sepak bola di suatu negara.

IDS Emoticon Suka
Suka
8%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
17%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
25%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
17%
IDS Emoticon Marah
Marah
33%