Liga Indonesia

Sempat Cuti Kuliah, Zahra Muzdalifah Mulai Fokus ke Pendidikan

Sabtu, 11 April 2020 20:34 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Pesepakbola putri milik Persija Jakarta, Zahra Muzdalifah mulai fokus ke pendidikan, setelah sempat cuti kuliah pada tahun lalu. Gadis 19 tahun itu kini telah menginjak semester keenam di Binus University.

Namun, saat ini, Zahra hanya bisa mengikuti kegiatan perkuliahan lewat online akibat pandemi virus corona. Selain itu, sembari menunggu kepastian kembali digelarnya Liga 1 Putri 2020, anggota Timnas putri Indonesia itu mengisi waktu luang dengan latihan mandiri di rumah.

"Tahun kemarin sempat cuti, jadi lanjut tahun ini. Sekarang sudah semester enam, ambil jurusan komunikasi massa di Binus," tuturnya.

"Selain itu (latihan), juga mengerjakan tugas yang dikasih dari kampus," imbuh Zahra.

Memilih karier sebagai atlet sepak bola, rupanya tak membuat Zahra meninggalkan bangku pendidikan. Ia bahkan mampu menamatkan bangku sekolah dasar hingga SMA hanya dalam kurun waktu 10 tahun, berkat akselerasi atau dalam hal ini kelas percepatan.

Tidak heran, saat usianya baru 17 tahun, pemain lulusan Jakarta 69 asuhan Rochy Putiray itu telah duduk di bangku kuliah.

Musim lalu, Zahra Muzdalifah bermain untuk tim Persija Jakarta di Liga 1 Putri 2020. Sayangnya, mereka gagal melaju ke fase gugur usai kalah bersaing dengan Persib Bandung dan Tira-Persikabo di Grup A.

Zahra juga pernah membela timnas di ajang Asian Games 2018 ketika Indonesia tampil berstatus tuan rumah. Mereka hanya mampu menempati peringkat ketiga Grup A dan tidak lolos ke fase selanjutnya karena kalah bersaing dengan Korea Selatan dan Chinese Taipei.