Liga Indonesia

Kilas Balik 12 April : Persik Raih Kemenangan Kedua di Liga Champions saat Siang Bolong

Minggu, 12 April 2020 17:28 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© shutterstock.com/wikipidea.com
Tepat hari ini 13 tahun lalu, Persik Kediri meraih momen penting dengan mengalahkan Sydney FC pada matchday keempat Liga Champions Asia. Copyright: © shutterstock.com/wikipidea.com
Tepat hari ini 13 tahun lalu, Persik Kediri meraih momen penting dengan mengalahkan Sydney FC pada matchday keempat Liga Champions Asia.

INDOSPORT.COM - Tepat hari ini 13 tahun lalu, Persik Kediri meraih momen penting dengan mengalahkan Sydney FC pada matchday keempat Liga Champions Asia (LCA) di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah.

Uniknya, tiga angka penting Persik diraih tidak seperti pada umumnya. Ya, tim yang saat itu dimanajeri Iwan Budianto meraih kemenangan di siang bolong, tepatnya kick-off pada pukul 10:30 WIB setelah Sydney FC meminta pengunduran waktu dari pukul 08:00 WIB.

"Orang Australia datang ke Solo mungkin mau mandi matahari, maka untuk pertandingan sepak bola saja juga meminta di siang hari," kata Iwan Budianto seperti dilansir Antara, Kamis (12/04/07) silam. 

"Tetapi dalam kenyataannya, anak-anak Sydney FC setelah bermain banyak yang kepanasan dan kehabisan tenaga," sambung figur yang kini menjadi Waketum PSSI tersebut.

Para pemain tim Sydney memang tampak kewalahan. Kendati demikian, mereka justru memimpin lebih dulu lewat gol Stephen Corica kala laga berlangsung 10 menit.

Namun, celah kecil atas faktor cuaca membuat Persik sukses merangkum tiga poin melalui dua gol balasan yang dilesakkan Aris Budi Prasetyo menit 24 dan Budi Sudarsono menit 60.

Sayangnya, koleksi 7 poin tidak membuat Persik melaju ke babak knock-out. Persik berada pada posisi tiga klasemen akhir Grup E, setelah Urawa Red Diamond (10 poin) dan Sydney FC (9).

"Kegagalan kami dalam menghadapi Persik disebabkan faktor utama cuaca yang sangat panas, dan anak-anak tampaknya banyak yang tidak terbiasa dengan cuaca seperti ini," tandas Pelatih Sydney FC, Branko Culina.

Kedua tim sebenarnya dijadwalkan bertemu pada Rabu (11/04/07) pada pukul 15:00 WIB. Namun, derasnya intensitas hujan membuat Wasit Abdulla Mohammed Balideh asal Qatar menghendaki laga ditunda dan dilanjutkan pada satu hari setelah jadwal, sesuai ketentuan AFC.

Susunan Pemain Kedua Tim

Persik Kediri (3-5-2)

Kurnia Sandi (K) Muhammad Zaenuri, Aris Budi Prasetyo, Aris Indarto/Restu Kartiko 64 (B) Erol FX Iba/Yohanes Yuniantara 86, Bertha Yuwana Putra/Budi Sudarsono 68, Harianto (kapten), Khusnul Yuli, Ronald Fagundez (T) Danilo Fernando, Cristian Gonzales (D)

Pelatih : Daniel Roekito

Sydney FC (4-4-2)

Clint Bolton (K) Laine Fyfe, Mark Rudan (kapten), Ufuk Talay, Ruben Zadkovich (B) David Zdrilic/Luca Glavas 74, Stephen Corica, Nikolai Topor Stenly, David Carney/Nikolas Tsattalios 84 (T) Alex Brosque, Terry Mcflynn/Adam Casey 64 (D)

Pelatih : Branko Culina