Liga Indonesia

Mengenang Gol Legenda PSMS Medan ke Gawang Klub Liga Inggris

Rabu, 15 April 2020 05:01 WIB
Penulis: Aldi Aulia Anwar | Editor: Coro Mountana
© Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Mengenang Gol Legenda PSMS Medan ke Gawang Klub Liga Inggris. Copyright: © Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Mengenang Gol Legenda PSMS Medan ke Gawang Klub Liga Inggris.

INDOSPORT.COM - Julukan si 'Kepala Emas' atau 'Golden Head' yang tersemat kepada Tumsila tidak hanya berlaku untuk PSMS Medan, tapi juga bagi Timnas Indonesia.

Sang legenda PSMS itu menceritakan kenangannya saat membela Timnas Indonesia dan berhasil mencetak gol dengan kepala andalannya saat menghadapi klub Liga Inggris, Stoke City.

Tumsila menceritakan saat memperkuat tim PSSI Harimau berhasil menahan imbang Stoke City 1-1 di Stadion Utama GBK, Jakarta, 26 Juni 1976 silam, yang saat itu Stoke City diperkuat kiper, P. Jennings.

"Di laga itu kita tertinggal duluan 0-1 (Denis Smith 22') dan di babak kedua kita balas yang saya cetak gol dengan heading (71')," kata Tumsila, mengawali ceritanya, Selasa (14/4/20).

Tumsila yang merupakan salah satu aktor dibalik PSMS merengkuh gelar juara pertama kompetisi PSSI era Perserikatan pada 1967 silam ini juga menceritakan kronologis tercipta gol sundulannya tersebut.

"Waktu itu bola dari Anjas Asmara, dikirim ke kanan (sayap) ke Andi Lala. Bola udah mau out itu, sambil mau jatuh diangkat bola," cerita Tumsila mengawali proses gol tersebut.

"Kalau saya kejar lari, bola itu gak bakal dapat. Karena bolanya setengah badan jadi bakal gak dapat kalau dikejar. Tapi saya terbang dan heading lalu bola ke kanan kiper dan dia coba halau. Masih kena tangannya, tapi tetap gol," kenang Tumsila.

Berkat gol tersebut, Tumsila menjadi penyelamat sekaligus Timnas Indonesia terhindar dari kekalahan. Hasil itu dinilai sebagai pengobat karena sebelumnya Timnas gagal menjuarai Anniversary Cup 1976 dan sempat dikritik publik.