Liga Inggris

Pemilik Sunderland AFC Tetap Pertahankan Saham di Klub

Kamis, 16 April 2020 03:46 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Yohanes Ishak
© Getty Images
Pemilik Sunderland AFC Tetap Pertahankan Saham di Klub Copyright: © Getty Images
Pemilik Sunderland AFC Tetap Pertahankan Saham di Klub

INDOSPORT.COM - Pemilik klub Liga Inggris Sunderland AFC, Stewart Donald telah mengakui kesalahan yang dibuat selama masa jabatannya dan akan tetap mempertahankan sahamnya di Klub.

Sebelumnya, Stewart Donald telah mengambil alih Sunderland senilai 40 juta poundsterling atau sekitar Rp791 miliar dari memilik awalnya pada Mei 2018 lalu.

Dalam kepemimpinannya di musim pertama, Stewart Donald menjadi pahlawan bagi masyarakat Sunderland. Namun, tim Black Cats ini belum bisa lolos promosi ke Championship musim berikutnya.

Mereka gagal di final play-off League One 2019 saat melawan Charlton dengan permainan yag dramatis di stadion Wembley.

Sebenarnya, Sunderland sangat mudah jika ingin menjuarai League One dan lolos ke Championship. Namun penyerang andalan mereka, Josh Maja harus pergi meninggalkan Black Cats pada bulan Januari 2019 lalu.

Demi tekat yang kuat untuk bisa menjuarai League One dan lolos Championship mereka mendatangkan penyerang milik Wigan, Will Grigg dengan harga yang mahal di kelas League One yakni 3 juta poundsterling atau sekitar Rp. 59 juta.

Melihat sepak terjangnya menjadi pemilik saham di Sunderlad AFC, Donald akhirnya dipaksa oleh para penggemar untuk meninggalkan Black Cats pada Desember lalu.

Namun, meski gagal memberikan kesuksesan di lapangan sejauh ini, Donald menegaskan dia hanya melakukan yang terbaik untuk Sunderland dan ingin mempertahankan sahamnya di klub.

“Tidak diragukan lagi telah terjadi kesalahan. Apakah saya ingin mempertahankan sedikit presentase untuk tetap dan menimati perjalanan bersama semua orang? Ya, karena saya benar-benar menyukainya,” kata Donald kepada TalkSPORT.

Sunderland telah mengalami tiga musim terakhir yang menyedihkan, yang membuat mereka menderita dan degradasi beruntun ke League One.

Saat ini Balck Cats berada di urutan ke tujuh klasemen sementara League One sebelum pandemi virus corona menyerang ke penjuruh Inggris yang mengakibatkan kompetisi di berhentikan sementara waktu.