Liga Indonesia

Best Starting XI Pesepakbola Kelahiran Belanda yang Main di Indonesia

Jumat, 17 April 2020 16:24 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Amanda Dwi Ayustri/INDOSPORT
Berikut best starting XI pesepakbola kelahiran Belanda yang pernah atau masih bermain di kasta teratas sepak bola Indonesia. Copyright: © Amanda Dwi Ayustri/INDOSPORT
Berikut best starting XI pesepakbola kelahiran Belanda yang pernah atau masih bermain di kasta teratas sepak bola Indonesia.

INDOSPORT.COM – Berikut best starting XI pesepakbola kelahiran Belanda yang pernah atau masih bermain di kasta teratas sepak bola Indonesia.

Belanda memang merupakan salah satu negara yang cukup sering mengirimkan wakilnya untuk tampil di kompetisi paling bergengsi tanah air.

Terlebih, Belanda dan Indonesia punya sejarah tersendiri sejak beberapa tahun silam. Maka tak heran jika pemain yang lahir di Negeri Kincir Angin mencoba peruntungan di sini.

Untuk lebih lengkapnya, INDOSPORT mencoba untuk merangkum best starting XI pesepakbola kelahiran Belanda yang pernah mencicipi kompetisi Liga Indonesia.

Kiper: Arnold van der Vin

© INDOSPORT/Istimewa
Arnold van der Vin. Copyright: INDOSPORT/IstimewaArnold van der Vin saat tampil di atas lapangan.

Sosok Arnold van der Vin adalah kiper naturalisasi pertama Timnas Indonesia. Ia dinaturalisasi bersama empat pemain berkewarganegaraan Belanda lainnya, yakni Van der Berg, Piteersen, Pesch, dan juga Boelard van Tuyl.

Van der Vin pernah membela beberapa klub asal Indonesia, yakni Excelsior Surabaya, Union Makes Strength/UMS, Persija Jakarta dan PSMS Medan). Selain itu ia mengawali debutnya bersama tim Garuda pada 27 Juli 1952 melawan tim asal Hongkong Nan Hua.

Dengan postur setinggi 184 cm, Van der Vin sepertinya layak masuk dalam daftar ini. Apalagi pengalamannya cukup banyak. Ia pernah menggagalkan penalti legenda Real Madrid, Ferenc Puskas, kala Timnas Indonesia bersua Timnas Hungaria di Lapangan Ikada, Jakarta (1960).

Bek: Diego Michiels, Nick Kuipers, Kristian Adelmund

© borneofc.id
Pemain naturalisasi Borneo FC Diego Michiels. Copyright: borneofc.idPemain naturalisasi Borneo FC Diego Michiels bisa masuk daftar best starting XI peseakbola kelahiran Belanda yang main di Indonesia.

Pada barisan pertahanan, INDOSPORT mencoba untuk memasukkan nama bek naturalisasi Diego Michiels. Pasalnya, ia punya kemampuan bertahan yang baik dalam menjaga serangan lawan dari sisi lapangan.

Bek Persib Bandung di Liga 1 2020 Nick Kuipers bakal menjadi pusat pertahanan. Menurut situs resmi Liga Indonesia, Kuipers mampu mencatatkan 10 interceptions dan 31 clearances. Catatan ini terbilang sangat apik bagi seorang bek tengah.

Sementara itu, Kristian Adelmund bisa melengkapi barisan pertahanan best starting XI pemain kelahirahn Belanda ini. Mantan bek Persela Lamongan dan PSS Sleman tersebut juga bisa saja membantu produktivitas tim saat melakukan overlap.

Gelandang: Melvin Platje, Willjan Pluim, Marc Klok, Raphael Maitimo, Stefano Lilipaly

© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Stefano Lilipaly dan Marc Klok duel untuk berusaha merebut bola di Stadion Kapten I Wayan Dipta pekan Liga 1 ke-14. Copyright: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORTStefano Lilipaly dan Marc Klok duel untuk berusaha merebut bola di Stadion Kapten I Wayan Dipta pekan Liga 1 ke-14.

Melvin Platje bisa membantu tim melalui kemampuannya menusuk area pertahanan lawan. Dirinya terbilang cukup produktif dan konsisten, di mana ia selalu mencetak 10 gol dalam dua musim terakhir di Liga 1.

Bintang Bali United lainnya, Stefano Lilipaly juga bisa menjadi tandem yang sempurna bagi Platje. Berada di sisi lapangan yang berbeda, kedua pemain ini cukup piawai mengantarkan bola ke area pertahanan lawan bahkan hingga jaring gawang.

Sementara tiga gelandang tengah nantinya bisa diisi oleh pemain yang pernah satu tim di Liga 1 2019 kemarin, yakni Wiljan Pluim, Marc Klok, dan Raphael Maitimo. Ketiga pemain itu nyatanya bisa bekerja dengan sangat baik.

Bagaimana tidak, mereka sudah pernah menjadi bagian penting PSM Makassar pada musim lalu. Situasi ini bisa saja membuat Pluim, Klok, dan Maitimo, menyeimbangkan lini tengah tim dengan sangat sempurna.

Klok nantinya akan bertuga sebagai gelandang bertahan untuk memutus berbagai serangan lawan. Sedangkan Pluim berperan untuk membantu lini serang tim. Sementara itu Maitimo bisa bekerja secara fleksibel di lini tengah.

Penyerang: Sylvano Comvalius, Sergio van Dijk

© Media Officer
Sylvano Comvalius saat berlatih bersama rekannya di Persipura Jayapura. Copyright: Media OfficerSylvano Comvalius saat berlatih bersama rekannya di Persipura Jayapura.

Sylvano Comvalius tentunya sangat cocok untuk menempati posisi ini. Mengingat, dirinya memiliki rekor yang sangat membanggakan dengan torehan gol terbanyaknya di Liga Indonesia dalam satu musim.

Comvalius pun akan ditemani sosok penyerang naturalisasi Timnas Indonesia, Sergio van Dijk. Dirinya tampil cukup produktif, terutama saat kompetisi Liga Indonesia 2013 lalu. Saat itu ia sukses menyumbangkan 21 gol untuk Persib Bandung.

Susunan Best Starting Pesepakbola Kelahiran Belanda yang Main di Indonesia 

3-5-2: Arnold van der Vin; Diego Michiels, Nick Kuipers, Kristian Adelmund; Stefano Lilipaly, Willjan Pluim, Marc Klok, Raphael Maitimo, Irfan Bachdim; Sylvano Comvalius, Sergio van Dijk

© Amanda Dwi Ayustri/INDOSPORT
Best XI pesepakbola kelahiran Belanda yang main di Indonesia Copyright: Amanda Dwi Ayustri/INDOSPORTBest XI pesepakbola kelahiran Belanda yang main di Indonesia.