Liga Indonesia

Alasan Deliana Fatmawati, Sosok Kartini Sepak Bola yang Menjadi Wasit

Selasa, 21 April 2020 12:04 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Dok. Pribadi
Alasan Lucu Deliana Fatmawati, Sosok Kartini dalam Memilih Karier Sebagai Wasit Copyright: © Dok. Pribadi
Alasan Lucu Deliana Fatmawati, Sosok Kartini dalam Memilih Karier Sebagai Wasit

INDOSPORT.COM - Deliana Fatmawati, sosok Kartini dalam sepak bola Indonesia ini memiliki alasan yang tersendiri saat memilih kariernya sebagai seorang wasit wanita di Indonesia.

Kiprah cabang sepak bola wanita di Indonesia memang tak terlalu bersinar jika dibandingkan dengan negara-negara lain. Terlebih mengenai profesi sebagai wasit wanita.

Namun, salah satu wasit wanita Indonesia, Deliana Fatmawati tidak mengurungkan niatnya untuk bisa berkiprah di dunia sepak bola menjadi seorang wasit.

Wanita berusia 30 tahun ini awalnya dipandang sebelah mata dalam memilih kariernya sebagai wasit di cabang sepak bola. Pasalnya, hal ini masih tabuh dikalangan masyarakat kita.

Meski begitu, Deliana Fatmawati tetap bersikukuh untuk melanjutkan mimpinya menjadi seorang wasit sepak bola profesional wanita ditengah dominasi para laki-laki.

Akan tetapi, siapa sangka bahwa wanita kelahiran Medan ini memiliki alasan yang lucu dalam memutuskan untuk menjadi wasit wanita.

“Awalnya hanya iseng, main bola terus saya masih remaja terus aku sering nonton langsung pertandingan sepak bola dan melihat dua yim dengan seragam biru dan kuning lalu wasitnya pakai baju merah, kelihatannya keren,” kata Deliana Fatmawati kepada INDOSPORT kala itu.

Tanpa berfikir panjang, Deli sapaan akrabnya akhirnya memutuskan untuk serius menekuni profesinya sebagai wasit sepak bola.

Hal ini juga tak luput dari dukungan dari orang-orang sekelilingnya membuat perempuan jebolan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) ini mantap menjajaki kariernya sebagai pengadil di lapangan hijau.

Hal ini juga mendorong dirinya untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih seirus, yakni mengambil lisensi wasit. Alhasil, dirinya sekarang sudah meraih lisensi wasit dari Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA).