Bola Internasional

5 Pesepak Bola Top Eropa Beragama Islam yang Jarang Diketahui

Jumat, 24 April 2020 21:13 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Lanjar Wiratri
© Getty Images
Marouane Fellaini adalah satu diantara sederet pesepak bola top Eropa yang jarang diketahui beragama Islam. Copyright: © Getty Images
Marouane Fellaini adalah satu diantara sederet pesepak bola top Eropa yang jarang diketahui beragama Islam.

INDOSPORT.COM –  Marouane Fellaini adalah satu diantara sederet pesepak bola top Eropa yang jarang diketahui beragama Islam.

Dalam dunia sepak bola, terlebih di Eropa, agama bukan lagi menjadi sesuatu hal yang penting menjadi dasar penilaian. Mau apapun agamanya selagi memiiki kualitas permaian yang bagus, seorang pesepak bola tentu akan sangat dihargai di atas lapangan.

Namun di lua itu, dalam kehidupan sehari-hari, agam bisa juga menjadi sesuatu hal menarik, yang bisa dilihat seorang penggemar dari idolanya.

Misalnya saja Mohamed Salah, yang dengan status agamanya, membuat Islam memiliki pandangan yang sedikit berbeda, ke arah yang lebih baik di Inggris saat ini.

Untuk itu, melengkapi salah dan beebrapa nama pesepak bola top yang sudah banyak diketahui memeluk agam Islam. Berikut INDOSPORT rangkumkan lagi sejumlah nama lainnya, pesepak bola top Eropa, yang tak banyak diketahui bahwa mereka sebenarnya juga ebragam Islam atau seorang Muslim.

Shkodran Mustafi

Dengan wajah bule dan memperkuat Timnas Jerman, mungkin banyak yang mengira bahwa Shkodran Mustafi adalah seorang Muslim atau beragama Islam.

Memiliki darah Albania, negara yang cukup banyak berpenduduk Muslim, Shkodran Mustafi nyatanya bukan hanya sekadar menjadi pesepak bola yang beragama Islam. Namun lebih dari itu, dirinya merupakan Muslim yang taat.

Tercermin misalnya dalam sebuah kesempatan pasca Liga Champions, Shkodran Mustafi sempat menolak hadir dalam sesi wawancara, lantaran ada minuman beralkohol di hadapannya. Dirinya baru kemudian mau berbicara, usia minuman yang memang diharamkan dalam Islam itu disingkirkan dari hadapannya.

Edin Dzeko

© Twitter @OfficialASRoma
Edin Dzeko saat melepaskan tembakan di laga AS Roma vs SPAL Copyright: Twitter @OfficialASRomaEdin Dzeko saat melepaskan tembakan di laga AS Roma vs SPAL

Bintang AS Roma eks Manchester City, Edin Dzeko bisa jadi merupakan salah satu pesepak bola beragama Islam yang tak banyak diketahui orang.

Lahir di Sarajevo, Bosnia 17 Amret 1987, Dzeko sudah memeluk Islam sejak lahir. Karena sang orang tua Midhat dan Belum juga merupakan pasangan muslim asal Bosnia.

Di Bosnia sendiri, Islam memang menjadi mayoritas. Meski tak sebesar di Indonesia. Di negara pecahan Yugoslavia itu, Islam kini mendominasi dengan presentase 51 persen dari jumlah penduduk di sana.

Marouane Fellaini

© Getty Images
Marouane Fellaini, gelandang serang Manchester United yang dikabarkan akan segera pindah ke Liga Super China. Copyright: Getty ImagesMarouane Fellaini, gelandang serang Manchester United yang dikabarkan akan segera pindah ke Liga Super China.

Dengan gaya eksentriknya di atas lapangan, mungkin banyak yang belum mengetahui bahwa Marouane Fellaini beragama Islam.

Meski kini memperkuat Timnas Belgia, Marouane Fellaini sendiri merupakan pemain berdarah Maroko. Salah satu negara Islam di Afrika Utara.

Agama Fellaini memang bisa dengan mudah diketahui jika melihat nama sang Ayah yang sangat kental nuansa Islamnya. Ayah Fellaini adalah Abdellatif, mantan penjaga gawang yang pernah bermain untuk klub Raja Casablanca dan Hassania Agadir di Liga Maroko.

Granit Xhaka

© Getty Images
Son berusaha merebut bola dari Granit Xhaka di pertandingan Arsenal vs Tottenham Hotspur Copyright: Getty ImagesSon berusaha merebut bola dari Granit Xhaka di pertandingan Arsenal vs Tottenham Hotspur

Pemain Arsenal Granit Xhaka juga menjadi pemain muslim lainnya yang mungkin tak banyak diketahui orang. Bermain untuk Timnas Swiss, Granit Xhaka sebenarnya memiliki darah Kosovo. Negara mayoritas Islam di Eropa Timur yang masih dilanda konflik.

Konflik itu juga yang membuat keluarga Granit Xhaka berpindah ke Swiss. Jadi meskipun kini membela Swiss, Granit Xhaka merupakan pemain asal Kosovo, yang seperti banyak masyarakat di sana, adalah pemeluk Islam.

Soal ke-Islamannya itu, Granit Xhaka sebenarnya juga tak menutupi. Dimana dirinya cukup sering mengunggah langsung ucapan setiap hari besar Islam, seperti Idul Fitri atau Idul Adha.

Sead Kolasinac

© Getty Images
Sead Kolasinac. Copyright: Getty ImagesSead Kolasinac.

Lahir dan tumbuh di Jerman, pemain Arsenal lainnya, Sead Kolasinac juga merupakan pesepak bola beragama Islam yang mungkin tak banyak diketahui.

Dengan wajah serupa banyak orang Jerman lainnya, Sead Kolasinac sebenarnya merupakan keturunan Bosnia, negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam.

Bahkan saking kuatnya nilai-nilai agama Islam di keluarga Sead Kolasinac, dirinya waktu kecil dikabarkan sering membolos sekolah demi bisa mendapatkan pendidikan agama di Masjid setempat di Jerman,

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
78%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
11%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
11%