Liga Indonesia

Ada Persib, 3 Pemain Naturalisasi Mualaf Jalani Puasa Ramadan

Sabtu, 25 April 2020 10:22 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Terdapat 3 pemain naturalisasi mualaf yang sedang berkompetisi di Liga 1 2020 turut jalani ibadah suci puasa Ramadan, juga bintang Persib Bandung.

Mulai Jumat (24/04/20), seluruh umat beragama Islam di berbagai negara menjalankan kewajiban ibadah suci puasa Ramadan.

Puasa merupakan kegiatan seseorang menahan lapar, haus, dan mengendalikan hawa nafsu sejak azan Subuh menggema hingga waktu Magrib tiba (hampir 13 jam).

Selain masyarakat biasa, sejumlah tokoh atau figur penting yang beragama Islam juga turut menjalankan ibadah puasa Ramadan, termasuk pemain sepak bola.

Selain pemain sepak bola lokal, ada pula legiun asing muslim hingga penggawa naturalisasi mualaf juga ikut beribadah puasa Ramadan 2020.

Berikut ini deretan pemain naturalisasi mualaf yang dimaksudkan.

1. Diego Michiels

© borneofc.id
Pemain naturalisasi Borneo FC Diego Michiels. Copyright: borneofc.idPemain naturalisasi Borneo FC Diego Michiels.

Bek sayap kanan sekaligus kapten Borneo FC di Liga 1 2020 Diego Michiels merupakan pemain naturalisasi mualaf yang turut jalankan ibadah puasa Ramadan.

Michiels telah menjadi mualaf sejak 13 Februari 2013 lalu. Dirinya turut memiliki nama islam, yakni Diego Muhammad bin Ronnie Michiels.

Michiels saat ini telah menikah dengan wanita bernama Dhea Ananda Boru Simatupang. Pada Januari 2020 lalu, Michiels telah dikaruniai seorang anak.

2. Silvio Escobar

© Alvin Syaptia Pratama/INDOSPORT
Silvio Escobar (kanan) saat Membela PSIS Lawan Persib Copyright: Alvin Syaptia Pratama/INDOSPORTStriker naturalisasi Silvio Escobar (kanan) saat masih membela PSIS Semarang.

Selanjutnya ada striker naturaliasai mualaf Tira Persikabo, Silvio Escobar. Pemain kelahiran Paraguay itu telah mengucapkan dua kalimat syahadat pada 2015 silam.

Escobar mengaku tak pulang kampung ke Paraguay karena pemerintah setempat menerapkan lockdown. Artinya, pemain 33 tahun ini akan merayakan Idul Fitri di Indonesia.

"Ini puasa kelima saya dan, alhamdulillah, saya sudah siap lahir-batin untuk menjalankannya kali ini," ujar Escobar kepada awak media, Kamis (23/04/20).

3. Esteban Vizcarra

© Arif Rahman/INDOSPORT
Esteban Vizcarra kembali berlatih bersama Persib Bandung. Arif Rahman/INDOSPORT Copyright: Arif Rahman/INDOSPORTPemain naturalisasi Esteban Vizcarra (kanan) kembali berlatih bersama Persib Bandung. Arif Rahman/INDOSPORT

Terakhir, ada bintang naturalisasi mualaf Persib Bandung, Esteban Vizcarra, yang juga akan menjalani ibadah puasa Ramadan 2020 sebulan penuh.

Vizcarra telah memeluk agama Islam sejak 2012 silam. Dirinya mengaku puasa tahun ini benar-benar telah dipersiapkan bersama keluarga tercinta.

"Saat Ramadan nanti juga latihan menjelang berbuka puasa supaya kondisi fisik tetap fit. Saya harap lancar seperti tahun-tahun lalu," kata Vizcarra, Kamis (23/04/20) lalu.