Liga Indonesia

Menpora Cup 2013, Ajang Ketajaman Kuartet Lini Serang Arema

Minggu, 3 Mei 2020 03:30 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Isman Fadil
© Amanda Dwi Ayustri/INDOSPORT
Arema Cronus Copyright: © Amanda Dwi Ayustri/INDOSPORT
Arema Cronus

INDOSPORT.COM - Kuartet lini serang Arema Cronus mendapatkan panggung utama untuk menunjukkan ketajamannya pada gelaran Menpora Cup, September 2013 silam.

Turnamen sebagai peringatan Haornas (Hari Olahraga Nasional) itu sendiri dimenangkan tim Singo Edan. Arema Cronus menyabet trofi juara setelah mengalahkan Central Coast Mariner, klub asal Australia di partai final.

Namun di sisi lain, turnamen ini menjadi ajang bagi kuarter lini serang Arema untuk beradu ketajaman. Baik Greg Nwokolo, Keith Kayamba Gumbs, Cristian Gonzales hingga Beto Goncalves, saling berbagi gol dalam Panji yang sama berlogo kepala singa.

Berikut ini INDOSPORT.com merangkum perjalanan Arema Cronus saat meraih trofi juara Menpora Cup. Turnamen diikuti 8 grup di Malang dan Bandung, dengan masing-masing juara grup melangkah ke babak final.


1. Arema vs LMS 1-0

Arema memulai turnamen dengan hasil gemilang, saat bertemu Loyola Meralco Sparks (LMS). Tim Singo Edan mengalahkan tim undangan dari kompetisi Filipina itu dengan skor tipis 1-0 di stadion Kanjuruhan, Sabtu (21/09/13).

Shooting keras Beto Goncalves menit 21 menjadi satu-satunya pembeda hasil akhir pada ajang pemanasan jelang turun di AFC Cup 2014 itu. Arema menduduki peringkat 2 Grup B setelah Persepam Madura united mengalahkan Mitra Kukar 2-0 pada laga pertama.

2. Arema vs Mitra Kukar 4-1

Posisi juara grup baru bisa dipastikan Arema saat menjalani matchday kedua melawan Mitra Kukar, Senin (23/09/13). Menghadapi tim Naga Mekes, Arema berpesta gol dalam kemenangan telak 4-1.

Cristian "Loco" Gonzales memulai pesta gol melalui golnya menit 19, dilanjutkan dengan Edmar Garcia menit 43. Loco melengkapi dua golnya pada menit 46, ditambah dengan aksi Greg Nwokolo menit 64, dan sempat diperkecil oleh gol Raphael Maitimo menit 77.

3. Arema vs Persepam MU 2-2

Status sebagai juara grup yang tak bisa digeser lagi, membuat Arema Cronus mengendurkan kekuatan. Dengan menurunkan mayoritas pemain muda, nyatanya Arema masih cukup kuat bagi Persepam Madura United, lewat skor 2-2 di Kanjuruhan, Rabu (25/09/13).

Setelah tiga rekannya mencetak gol, kali ini giliran Keith Kayamba Gumbs dengan menyumbang gol melalui penalti menit 25, selain gol Beto Goncalves menit 68. Persepam MU sempat memberikan perlawanan ketat melalui keasaman Zaenal Arif menit 28 dan gol penyama skor dari kaki Ezequiel Gonzales.

4. Arema vs Central Coast Mariner 2-1

Keith Kayamba benar-benar merangkum aksinya acara cemerlang pada partai final turnamen. Striker Timnas Saint Kits Nevis itu menjadi aktor dibalik kemenangan Arema 2-1 atas Central Coast Mariner pada Minggu (29/09/13).

Kayamba menuntaskan tugasnya dengan baik saat mengeksekusi penalti menit 41. Klub perwakilan Australian League itu pantang menyerah, dengan membalas dengan aksi Marcos Flores pada menit 45.

Namun lagi-lagi akibat pelanggaran di area 16 meter, Central Coast diganjar sanksi penalti kedua oleh Wasit Oki Dwi Putra. Kayamba menjalankannya dengan sempurna dengan mengecoh Justin Pasfield pada menit 52.

Gelar juara Arema Cronus semakin lengkap setelah Keith Kayamba terpilih sebagai pemain terbaik. Sementara untuk daftar top skorer Arema, Kayamba memimpin dengan 3 gol, diikuti Beto Goncalves dan Cristian Gonzales (2) dan Greg Nwokolo (1).