Bola Internasional

Seberapa Hebat Francisco Trincao, Ronaldo Baru Milik Barcelona

Minggu, 3 Mei 2020 20:55 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Arum Kusuma Dewi
© VI Images via Getty Images
Klub LaLiga Spanyol, Barcelona, telah dipastikan mendapatkan pemain Portugal berlabel the next Ronaldo, bernama Francisco Trincao. Copyright: © VI Images via Getty Images
Klub LaLiga Spanyol, Barcelona, telah dipastikan mendapatkan pemain Portugal berlabel the next Ronaldo, bernama Francisco Trincao.

INDOSPORT.COM – Klub LaLiga Spanyol Barcelona telah dipastikan mendapatkan pemain Portugal berlabel the next Ronaldo, bernama Francisco Trincao.

Kendati belum ada kejelasan kapan kompetisi musim ini akan kembali dimainkan dan kompetisi musim depan kapan mulai bergulir, sejumlah klub nyatanya sudah memastikan diri mendapat pemain baru. Seperti salah satunya klub LaLiga Spanyol, Barcelona yang telah mendapatkan pemain asal Portugal, Francisco Trincao.

Francisco Trincao resmi didatangkan Barcelona dari klub Liga Portugal SC Braga pada Jumat (31/01/20) sore WIB. Pemain 20 tahun berjuluk The Next Ronaldo itu ditebus dengan harga 31 juta euro (sekitar Rp470,9 miliar).

Lantas pertanyaannya siapa sebenarnya Francisco Trincao? Mengapa dijuluki The Next Ronaldo dan seberapa layakkah buat Barcelona?

Fransisco Trincao

Lahir di Viana do Castelo pada 29 Desember 1999, Francisco Trincao mulai mengemban pendidikan sepak bola di klub kampung halamannya, Vianense sejak tahun 2008 atau pada usia sembilan tahun.

Sempat diboyong ke klub raksasa Portugal, FC Porto pada tahun 2009, Trincao memutuskan kembali ke Vianense setahun kemudian. Untuk kemudian justru pindah ke klub besar lainnya SC Braga pada 2011.

Di tim junior Braga itulah Trincao bertahan lama, meningkatkan kualitasnya hingga menembus tim Braga B dan tim senior pada tahun 2018.

Saat di SC Braga itu juga Trincao bisa memulai kiprahnya menembus skuat Timnas Portugal. Dari level U-17 hingga U-21 saat ini.

Bicara mengenai kualitas Francisco Trincao yang tentunya berkaitan dengan seberapa layakkah dirinya direkrut Barcelona. Presiden Braga, Antonio Salvador, pernah menuliskan di media sosialnya bahwa kualitas Francisco Trincao layak disebut sebagai salah satu pemain hebat yang akan menjadi bintang di dekade depan.

"Kami sudah tahu bahwa kami akan kehilangan salah satu pemain hebat, salah satu yang saya anggap terbaik yang akan menandai satu dekade dari sekarang. Dia adalah Trincao," tulis Salvador.

Tak berlebihan memang jika kemudian Salvador berujar demikian. Karena sejumlah catatan menjanjikan memang telah memapu ditorehkan oleh Francisco Trincao di usia mudanya.

Salah satu yang paling membanggakan tentu saja ketika dirinya yang berposisi sebagai winger itu bisa membawa Timnas Portugal juara di Piala Eropa U-19 2018 lalu. Bahkan sat aitu dirinya juga tercatat sebagai salah satu top skor dengan koleksi lima gol.Dan juga berada dalam daftar teratas top assist.

Di usiayang baru 20 tahun kini, kualitas Francisco Trincao terbukti dari posisinya yang mulai menjadi andalan di lini depan Braga. Musim ini, dirinya telah 21 kali masuk ke dalam skuat Braga, dengan tujuh di antaranya sebagai starter. Dalam jumlah itu dirinya mampu mencetak enam gol dan empat assist hanya di Liga Portugal.

Berbekal kecepatan di sisi sayap dan juga subur dalam mencetak gol, kualitas Francisco Trincao disejajarkan banyak orang dengan mega bintang Portugal Cristiano Ronaldo. Sehingga kemudian sebutan sebagai the next Ronaldo pun sempat disematkan kepadanya.

Pada akhirnya, bicara menegnai kelayakan, masih sangat layak Francisco Trincao memang untuk direkrut Barcelona. Meski memang rasannya akan masih cukup banyak waktu baginya nanti sebelum akhirnya bisa menembus skuat utama.

Sebab meski memiliki kualitas yang menjanjikan dan bisa bermain di berbagai posisi di lini depan. Posisi natural Francisco Trincao saat ini adalah sebagai winger kanan, posisi yang rasannya sulit untuk direbutnya dari mega bintang Barcelona, Lionel Messi.