In-depth

Mengenal Salernitana, Klub Kecil Penghasil Legenda Italia

Senin, 4 Mei 2020 21:09 WIB
Editor: Coro Mountana
© Grafis: Yanto/INDOSPORT
Mengenal Salernitana, Klub Kecil Penghasil Legenda Italia. Copyright: © Grafis: Yanto/INDOSPORT
Mengenal Salernitana, Klub Kecil Penghasil Legenda Italia.

INDOSPORT.COM – Siapa sangka, ada klub kecil bernama Salernitana yang ternyata merupakan penghasil legenda Italia.

Bicara soal sepak bola Italia, tentu kita tidak bisa lepas dengan Serie A yang dalam beberapa tahun terakhir tengah dikuasai Juventus. Di musim ini pun Juventus berkesempatan untuk melanjutkan dominasinya andai tidak ada virus corona yang menghentikan Serie A Italia.

Meski sedang dihentikan, Juventus tetap akan dikenal sebagai salah satu klub besar yang sanggup menghasikan sejumlah legenda sepak bola bagi Italia. Tapi tahukah anda kalau tempat penghasil legenda Italia tidak hanya Juventus, ternyata ada klub kecil yang ikut melakukannya juga.

Nama klub tersebut adalah Salernitana yang saat ini tengah mendiami Serie B Italia. Pertanyaannya, memang siapa saja legenda Italia yang pernah merasakan berkarier di Salernitana?

Gennaro Gattuso

Percaya atau tidak, legenda Italia sekaligus AC Milan yakni, Gennaro Gattuso ternyata pernah bermain untuk Salernitana. Gattuso tercatat membela Salernitana pada musim 1998/1999 dengan catatan 25 kali bertanding.

Uniknya, berkat penampilan gemilangnya bersama Salernitana, AC Milan pun kepincut untuk mendatangkannya, dan sisanya adalah sejarah. Bagaimana Gattuso menjadi integral penting dari kesuksessan AC Milan di era 2000-an.

© Getty Images
Gennaro Gattuso resmi menjadi pelatih tim utama AC Milan. Copyright: Getty ImagesGennaro Gattuso resmi menjadi pelatih tim utama AC Milan.

Tak hanya AC Milan, Timnas Italia pun mendapatkan servis nomor satu dari Gattuso. Gelar Piala Dunia 2006 merupakan jerih payah kerasnya menjadi gelandang bertahan Italia menahan semua gempuran tim lawan.

Gattuso tentu tidak akan sebesar hingga menjadi legenda AC Milan dan Italia jika tidak mendapatkan tempaan dari Salernitana.

Walter Zenga

Selain Gattuso, ternyata Walter Zenga juga sempat bermain di klub kecil Italia, Salernitana. Kiper yang membela Timnas Italia sebanyak 58 kali itu ternyata sempat bermain untuk Salernitana pada musim 1978/1979.

Saat itu, Zenga sedang menjalani masa peminjaman ke Salernitana dari Inter Milan. Berkat tempaan di Salernitana, Zenga pun tumbuh menjadi kiper yang tangguh dan sanggup mengawal gawang Inter Milan dan timnas Italia.

Meskipun tercatat sudah pernah dua kali menghasilkan atau setidaknya berperan penting dalam kelangsungan karier legenda Italia yaitu Gattuso dan Zenga, ternyata Salernitana sendiri hanyalah klub kecil yang sedang berjuang untuk promosi ke Serie A Italia

Peluang ke Serie A Italia

Dan usaha itu tengah diwujudkan pada musim ini dengan berada di jalur perebutan tiket promosi Serie A Italia. Sayang memang dihentikannya kompetisi saat ini membuat status Salernitana menjadi abu-abu, padahal ini adalah kesempatan terbaik.

Sebuah kesempatan terbaik untuk bisa promosi ke Serie A Italia yang ketiga kalinya. Anda tidak salah baca, sejak berdiri 101 tahun yang lalu, Salernitana nyatanya hanya pernah dua kali promosi ke Serie A Italia.

Torehan buruk itu membuat Salernitana hanya dianggap sebagai klub kecil di Italia. Namun yang tak banyak orang tahu, kecil-kecil, Salernitana berjasa dalam perkembangan karier legenda Italia, itulah sepak bola.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
33%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
17%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
17%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
17%
IDS Emoticon Marah
Marah
17%