Bola Internasional

7 Klub yang Juara Ligue 1 Prancis Era 2000-an Sebelum PSG Berjaya

Jumat, 8 Mei 2020 21:18 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Sportzwiki
Berikut tujuh klub di Ligue 1 Prancis yang pernah merasakan juara di era 2000-an sebelum liga didominasi Paris Saint-Germain (PSG). Copyright: © Sportzwiki
Berikut tujuh klub di Ligue 1 Prancis yang pernah merasakan juara di era 2000-an sebelum liga didominasi Paris Saint-Germain (PSG).

INDOSPORT.COM - Berikut tujuh klub di Ligue 1 Prancis yang pernah merasakan juara di era 2000-an sebelum liga didominasi Paris Saint-Germain (PSG).

PSG diambil alih kepemilkannnya oleh investor dari Timur Tengah pada 2011 Mei. Hasilnya, mereka pun mendominasi Ligue 1 Prancis.

Padahal, sebelumnya, Ligue 1 Prancis sempat menjadi liga yang kompetitif dan persaingan juara masih ketat. Meski Lyon juga sempat mendominasi.

Akan tetapi, sejak PSG diakuisisi, Les Parisiens bisa dibilang mudah untuk meraih juara. Pasalnya, PSG memiliki pemain bertabur bintang dan punya sokongan dana besar.

Nah, berikut INDOSPORT rngkum tujuh klub yang pernah merasakan juara Ligue 1 Prancis sebelum PSG berjaya:

1. Monaco

AS Monaco merupakan juara di musim 1999/2000. Saat itu, Monaco meraih 65 poin dari 34 laga. Mereka unggul tujuh poin dari PSG yang ada di posisi runner up.

Kala itu, Monaco masih diperkuat David Trezeguet yang produktif mencetak gol. Selain itu, Marcelo Gallardo juga menjadi pemain terbaik saat itu.

Uniknya, Monaco sendiri adalah klub yang merusak dominasi dalam delapan musim terakhir ini. Monaco sukses juara di musim 2016/17. Saat itu, Monaco juga diperkuat pemain hebat, contohnya Kylian Mbappe dan Radamel Falcao.

2. Nantes

Setelah AS Monaco juara di musim 1999/2000, Nantes kemudian menjadi jawara di musim berikutnya. Nantes unggul empat poin dari Lyon.

Nah, musim ini Nantes seperti membuat kejutan karena di musim sebelumnya mereka hanya finis di urutan ke-12. Tapi, pada musim 2000/01 mereka sukses menyingkirkan Lyon.

3. Lyon

Olympique Lyon sempat mendominasi Ligue 1 Prancis di era 2000-an. Nyatanya, Lyon saat itu berhasil meraih juara tujuh kali secara beruntun.

Dalam periode 2001 hingga 2008, Lyon yang merajai Ligue 1 Prancis menelurkan pemain-pemain top seperti Djibril Cisse, Karim Benzema, Hugo Lloris, dan raja free kick Juninho Pernambucano.

4. Bordeaux

Setelah dominasi Lyon, Ligue 1 Prancis kemudian memiliki juara yang selalu berbeda setiap musimnya. Pada musim 2008/09 Bordeaux yang dilatih Laurent Blanc berhasil meraih juara.

5. Marseille

Di musim selanjutnya giliran Marseille yang merasakan jadi juara. Finis di runner up pada musim sebelumnya, Marseille akhirnya juara usai unggul enam poin dari Lyon. Pada musim ini, striker Marseille, Mamadou Niang, berhasil menjadi top skor dengan mencetak total 18 gol.

6. Lille

Nah, pada musim 2010/11 Lille yang menjadi juara Ligue 1 Prancis. Di musim ini, Lille masih diperkuat oleh Eden Hazard yang kemudian dibeli Chelsea pada bursa transfer musim panas 2012/13.

7. Montpellier

Kemudian, klub yang menjuarai Ligue 1 Prancis sebelum PSG mendominasi adalah Montpellier. Di musim 2011/12, Montpellier mengejutkan dengan meraih titel juar unruk pertama kalinya.

Berhasilnya Montpellier menjadi juara ini kemudian melambungkan nama Olivier Giroud. Saat itu, Giroud menjadi top skor dengan 21 gol. Setelah itu, ia kemudian langsung diboyong ke Arsenal.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%