Bola Internasional

Lee Dong-gook, Legenda Korea di K-League 2020 Pernah Bantai Indonesia

Senin, 11 Mei 2020 09:15 WIB
Editor: Coro Mountana
© Han Myung-Gu/Getty Images
Lee Dong-gook, Legenda Korea di K-League 2020 Pernah Bantai Indonesia. Copyright: © Han Myung-Gu/Getty Images
Lee Dong-gook, Legenda Korea di K-League 2020 Pernah Bantai Indonesia.

INDOSPORT.COM – Lee Dong-gook, legenda Korea Selatan yang mencetak gol pembuka di K-League 2020 di tengah wabah virus corona, ternyata pernah membantai Timnas Indonesia.

Liga Korea Selatan atau K-League, merupakan ajang sepak bola pertama yang diselenggarakan di tengah wabah virus corona. Berbekal protokol kesehatan yang amat ketat, K-League sanggup memainkan laga perdananya yang mempertemukan Jeonbuk Hyundai Motors vs Suwon Samsung Bluewings.

Dalam pertandingan yang bersejarah itu, Lee Dong-gook striker veteran berusia 41 tahun, menjadi pembeda dengan gol tunggal kemenangan untuk Jeonbuk Hyundai Motors. Bagi kalangan pecinta sepak bola nasional, Lee Dong-gook bukan sosok yang asing.

Pasalnya, Lee Dong-gook pernah menggoreskan luka dengan membantai Timnas Indonesia di ajang Piala Asia 2000.

Lee Dong-gook, Mimpi Buruk Timnas Indonesia

Ketika itu, Lee Dong-gook membela Korea Selatan melawan Timnas Indonesia dalam laga terakhir di fase grup Piala Asia 2000. Lee Dong-gook saat itu merupakan bintang masa depan Korea Selatan dengan berusia 21 tahun dan baru menjadi pemain terbaik di Piala Asia U-19 1998.

Akan tetapi, Timnas Indonesia juga memiliki sosok yang tak kalah hebat yaitu Kurniawan Dwi Yulianto, penyerang berusia 24 tahun itu baru saja menyelesaikan petualangannya di Eropa bersama Luzern. Tak pelak laga ini menjadi duel striker masa depan masing-masing negara.

Akan tetapi Korea Selatan yang juga diperkuat oleh tulang punggung pada Piala Dunia 2002 nanti itu sangatlah kuat. Nama-nama seperti Lee Woon-jae, Hong Myung-bo, Park Ji-sung dan Lee Young-pyo bukanlah tandingan untuk Bima Sakti, Ismed Sofyan hingga Eduard Ivakdalam.

Alhasil, Timnas Indonesia harus dibantai 0-3 yang mana semua golnya itu diborong oleh Lee Dong-gook. Timnas Indonesia pun saat itu harus tersingkir dari Piala Asia karena hanya bisa seri 0-0 dengan Kuwait dan dibantai 0-4 dari China.

Sedangkan Korea Selatan. Akhirnya menyelesaikan dengan mencapai semifinal. Meski begitu, Lee Dong-gook, sukses memborong prestasi top skor Piala Asia 2000, sedangkan Kurniawan Dwi Yulianto tidak sanggup mencetak satu gol pun.

Siapa sangka, 20 tahun kemudian, nama Lee Dong-gook kembali terdengar lagi oleh suporter Indonesia setelah menjadi pencetak gol perdana K-League 2020 di tengah wabah virus corona.