Bola Internasional

Mark Clattenburg Sebut Siapa Saja Pesepak Bola Paling Menyebalkan

Jumat, 15 Mei 2020 07:45 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Shaun Botterill/Getty Images
Mark Clattenburg menyebut sejumlah nama pemain sepak bola yang membuatnya sebal. Copyright: © Shaun Botterill/Getty Images
Mark Clattenburg menyebut sejumlah nama pemain sepak bola yang membuatnya sebal.

INDOSPORT.COM - Mantan wasit terbaik Liga Inggris, Mark Clattenburg, menyebutkan beberapa pemain yang menyebalkan selama dirinya memimpin pertandingan sepak bola.

Mark Clattenburg bisa dikatakan sebagai wasit terbaik di dunia. Sebab, di beberapa laga besar Liga Inggris ia selalu mejadi pengadil lapangan hijau.

Selain memimpin kompetisi Liga Inggris, ia juga pernah memimpin beberapa kompetisi di Eropa seperti final Piala Eropa, Liga Champions, dan Piala FA.

Sebagai seorang wasit, tentu Clattenburg menjumpai beberapa tipe pemain yang berbeda-beda, tak terkecuali tipe pemain yang menyebalkan baginya.

Dilansir dari Daily Mail, pria berusia 45 tahun ini rupanya mengungkapkan beberapa pemain sepak bola yang menurutnya sangat menjengkelkan, seperti Craig Bellamy, Roy Keane, Jens Lehmann, dan John Obi Mikel.

Craig Bellamy adalah pemain yang menjadi mimpi buruk bagi para wasit, sebab kelakuannya di lapangan sangat tidak sopan dan terkesan kasar.

“Bellamy merupakan mimpi buruk bagi wasit dan kebanyakan dari kami mengalami hal itu. Dia akan membentak dan akan terus menerus menantang Anda. Bahasanya buruk dan kasar,” kata Mark Clattenburg.

Sementara itu, ada mantan kiper Arsenal, Jens Lehmann, yang merupakan sosok tak akan pernah dilupakan oleh Clattenburg. Menurutnya, penjaga gawang ini sangat mudah terpancing emosi dan secara sengaja mendorong lawan.

Selain itu ada Roy Keane yang memiliki sifat tidak terduga dan bisa memuncak kapan saja. Selain itu, dirinya adalah pemain yang selalu melakukan pelanggaran secara sengaja.

“Kalian tidak akan pernah tahu apakah dia akan melakukan tindakan jahat, seperti tekel keras. Itu memalukan dan terlihat bahwa itu sengaja,” tambahnya.

Pemain terakhir yang membuatnya kesal adalah John Obi Mikel. Mantan pemain Chelsea ini pernah menduga bahwa Clattenburg melakukan komentar rasial. Namun, tuduhan tersebut rupanya tak terbukti sama sekali.

“Dia tak pernah minta maaf kepada saya dan sangat mengecewakan karena bisa menghancurkan nama baik dan karier yang selama ini sudah saya bangun. Itu semua meninggalkan kekecewaan yang membekas dalam diri saya,” ungkapnya.

Kendati demikian, Mark Clattenburg juga memiliki memori yang indah dengan beberapa pesepak bola seperti Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Menurutnya, kedua pemain ini memiliki permainan sepak bola yang luar biasa. Selain itu, keduanya juga merupakan pemain yang memiliki sifat dan sikap yang rendah hati dan baik.