Bola Internasional

Bundeliga Jerman Kembali, Muller: Mirip Sepak Bola Orang Tua

Senin, 18 Mei 2020 18:01 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Isman Fadil
© A. Beier/Getty Images for FC Bayern
Penyerang Bayern Munchen, Thomas Muller, menyebut Bundesliga Jerman saat ini seperti sepak bola orang tua karena tak ada kehadiran penonton di stadion Copyright: © A. Beier/Getty Images for FC Bayern
Penyerang Bayern Munchen, Thomas Muller, menyebut Bundesliga Jerman saat ini seperti sepak bola orang tua karena tak ada kehadiran penonton di stadion

INDOSPORT.COM - Penyerang Bayern Munchen, Thomas Muller, mengungkapkan kekecewaannya usai Bundesliga Jerman kembali digelar namun tanpa kehadiran penonton di stadion.

Dilansir dari laman NDTV Sport, Bundesliga Jerman 2019/20 mulai digulirkan kembali pada 16 Mei setelah harus tertunda akibat pandemi corona yang menyerang dataran Eropa. Setelah menjalani beberapa prosedur, kompetisi tertinggi di Jerman ini pun dilanjutkan tanpa kehadiran penonton.

Namun kebijakan ini tak serta merta membuat Thomas Muller senang. Kendati kompetisi digelar kembali, penyerang Bayern Munchen ini merasa hampa. Apalagi tanpa adanya penonton dan dukungan di stadion secara langsung.

"Ini terasa seperti kamu mendapat atmosfir dari sepak bola para orang tua. Digelar malam hari, di bawah cahaya lampu. Tapi setelah bola bergulir, pertandingan membutuhkan fokus kami," ujar Muller.

"Saya tak khawatir bahwa akan ada hal yang buruk. Semua telah dijelaskan kepada kami. Kami melakukan persiapan dengan baik. Tak ada jabat tangan sebelum pertandingan dan lain sebagainya," lanjutnya.

Bundesliga Jerman menjadi kompetisi teratas Eropa yang pertama kali menggelar kompetisi pasca pandemi corona menyebar. Bahkan untuk menggelar pertandingan, ada beberapa protokol yang harus diikuti oleh seluruh kontestan.

Dalam beberapa protokol yang ditetapkan Bundesliga Jerman tersebut, ada beberapa aturan baru seperti jarak antara pemain di bangku cadangan, tak ada aksi tos antar pemain saat selebrasi, dan bola yang digunakan akan dibersihkan terlebih dahulu.