Liga Inggris

4 Pemain Debutan Terbaik di Liga Inggris Dalam Dua Dekade Terakhir

Rabu, 27 Mei 2020 06:50 WIB
Editor: Juni Adi
© Visionhaus/GettyImages
Inilah pemain-pemain yang sukses tampil memukau di laga debutnya bersama tim baru di Liga Inggris, termasuk striker Manchester City, Sergio Aguero. Copyright: © Visionhaus/GettyImages
Inilah pemain-pemain yang sukses tampil memukau di laga debutnya bersama tim baru di Liga Inggris, termasuk striker Manchester City, Sergio Aguero.

INDOSPORT.COM - Inilah pemain-pemain yang sukses tampil memukau di laga debutnya bersama tim baru di Liga Inggris, termasuk striker Manchester City, Sergio Aguero.

Tak dipungkiri lagi jika kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Inggris, Liga Inggris, menjadi salah satu liga paling kompetitif di Eropa maupun dunia.

Hal itu karena bertaburnya para pemain bintang, yang membuat daya tarik tersendiri bagi para penggemar sepak bola di seluruh dunia untuk menyaksikannya.

Namun, faktor tersebut juga bisa menjadi boomerang tersendiri bagi sang pemain, yang memutuskan untuk hijrah atau mencicipi kerasnya Liga Inggris.

Sebab, tak ada jaminan bagi sang pemain bisa langsung sukses di musim perdananya, karena harus bersaing dengan para pemain hebat lain.

Kendati begitu, tidak sedikit pula pemain yang langsung menunjukkan tajinya di musim debut usai dibeli dari salah satu klub. Siapa saja mereka? Berikut ini ulasannya, seperti dikutip dari Sportskeeda:

1. Ruud van Nistelrooy

Ruud van Nistelrooy langsung jadi primadona baru publik Stadion Old Trafford, setelah tampil gemilang di musim perdananya bersama Manchester United pada tahun 2001 silam.

Kesuksesan tersebut sudah bisa dilihat ketika pemain asal Belanda itu memukau dengan dua golnya, di laga debut. Di akhir musim, total dirinya mencetak 23 gol di Liga Inggris.

Ekspektasi tinggi dari para penggemar Setan Merah karena nilai transfer Nistelrooy dari PSV Eindhoven yang tinggi pun berhasil ia taklukan. 

2. Fernando Torres

Hijrah ke Liverpool pada 2007, Fernando Torres tidak butuh waktu lama untuk menguhkan diri sebagai predator mematikan di Liga Inggris. Dia mampu mengulangi performa apiknya seperti ketika masih berseragam Atletico Madrid.

Pada musim perdananya, Torres mengemas 24 gol dan empat assist bagi Liverpool. Pemain berjuluk El Nino pun sempat masuk nominasi Pemain Terbaik PFA dan Pemain Muda Terbaik Premier League meski gagal merengkuhnya.

3. Sergio Aguero

Setelah dimiliki oleh pengusaha kaya asal Uni Emirat Arab, Sheikh Mansour, Manchester City langsung menjelma jadi tim kaya baru yang hobi mengumpulkan para pemain bintang hebat, salah satunya adalah Sergio Aguero.

Striker asal Argentina itu didatangkan City dari Atletico Madrid pada tahun 2011. Di awal kedatangannya, Aguero diragukan mampu bersinar di Inggris meski sukses bersama Atletico Madrid. 

Dia juga tidak diprediksi cepat beradaptasi dengan permainan di Inggris. Namun, dirinya langsung membuktikan kalau tim yang bermarkas di Etihad Stadium itu tidak salah memboyongnya.

Dia mencetak dua gol sebagai pemain pengganti pada laga debutnya. Total Aguero melesakkan 23 gol sepanjang musim 2011-12. 

Dia juga mencetak gol penentu kemenangan Man City saat melawan Queens Park Rangers yang sekaligus memastikan gelar juara liga pada pekan terakhir.

4. N'Golo Kante

Musim 2015-16 bak dongeng bagi Leicester City. Di luar dugaan, pasukan Claudio Ranieri berhasil menjuarai Premier League.

Jamie Vardy dan Riyad Mahrez menjadi dua pemain yang paling mendapat sorotan bersam The Foxes musim ini. Kendati demikian, kesuksesan mereka tidak lepas dari peran N'Golo Kante.

Kante hijrah ke Leicester setelah direkrut dari Caen pada musim panas 2015. Kehadiran pemain asal Prancis itu membuat lini tengah The Foxes stabil.

Kante menawarkan sisi defensif, mampu mengawal lawan dengan ketat dan tekel bersih. Dengan tubuh mungilnya, dia mampu bersinar pada musim perdananya di Liga Inggris dan membantu The Foxes keluar sebagai juara musim itu.