Kue Timpan Khas Aceh Jadi Andalan Pemain Persiraja Ini Saat Lebaran

Selasa, 26 Mei 2020 16:43 WIB
Penulis: Aldi Aulia Anwar | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Persiraja
Pemain andalan Persiraja Banda Aceh di Liga 1 2020, Miftahul Hamdi, mengaku tidak memiliki banyak persiapan untuk menyambut Hari Raya Idulfitri atau Lebaran tahun ini. Copyright: © Persiraja
Pemain andalan Persiraja Banda Aceh di Liga 1 2020, Miftahul Hamdi, mengaku tidak memiliki banyak persiapan untuk menyambut Hari Raya Idulfitri atau Lebaran tahun ini.

INDOSPORT.COM - Pemain andalan Persiraja Banda Aceh di Liga 1 2020, Miftahul Hamdi, mengaku tidak memiliki banyak persiapan untuk menyambut Hari Raya Idulfitri atau Lebaran tahun ini.

Sebab, di tengah pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia saat ini, membuat segala aktivitas banyak orang tidak maksimal, termasuk Miftahul Hamdi sendiri.

Meski dalam kondisi pandemi seperti ini, pemain yang berhasil bawa Bali United menjadi juara Liga 1 2019 lalu ini menyebut tetap bersilaturahmi ke rumah sanak saudara.

"Seperti umumnya pulang kampung ke yah bersilaturahmi dengan keluarga di sana, sambil cicipi makanan khas kampung lah," kata Hamdi kepada INDOSPORT.

Lanjut Hamdi, ia mengaku tetap pulang kampung meski di tengah pandemi ini. Sebab, jarak tempat tinggalnya dengan kampung halamannya cukup dekat kurang lebih kurang satu jam perjalanan.

"Menurut saya gak apa sih (pulang kampung), karena gak sampe keluar daerah (luar provinsi). Lagian jaraknya (dari tempat tinggal) dengan kampung cukup dekat hanya beda beberapa desa saja bisa dibilang," lanjutnya.

Meski Aceh memiliki beragam jenis makanan saat lebaran. Namun, lontong Lebaran masih menjadi pilihan andalan pemain berusia 24 tahun itu untuk dikonsumsi.

Hanya saja, tambah Hamdi, kudapan atau kue andalannya saat lebaran tak lain dan tak bukan adalah kue timpan yang merupakan salah satu makanan tradisional Aceh.

"Timpan ini seperti lepat karena terbuat dari bahan ketan dan pisang. Di dalamnya terdapat berbagai varian. Namun, isi varian yang menjadi favorit saya yang isinya srikaya," ucapnya.

"Selain enak rasanya, makanan ini merupakan salah satu makanan tradisional yang terkenal di Aceh dan sering dijadikan sebagai menu utama saat hari raya," pungkasnya.