Liga Indonesia

Cara Asnawi Mangkualam Jaga Performa di PSM dan Timnas Indonesia

Sabtu, 30 Mei 2020 14:16 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Official PSM Makassar
Sesi jumpa pers PSM Makassar pasca laga melawan Persita Tangerang diwakili pemain Asnawi Mangkualam. Copyright: © Official PSM Makassar
Sesi jumpa pers PSM Makassar pasca laga melawan Persita Tangerang diwakili pemain Asnawi Mangkualam.

INDOSPORT.COM - Bek sayap kanan belia milik klub Liga 1 PSM Makassar, Asnawi Mangkualam, membongkar cara jitunya untuk menjaga performa agar selalu konsisten di setiap laga.

Pesepak bola berusia 20 tahun berlabel Timnas Indonesia ini memiliki empat tips agar penampilannya tetap prima meskipun harus melewati jadwal yang sangat padat.

Anak kandung legenda hidup sekaligus asisten pelatih PSM, Bahar Muharram, ini selalu mengawali dengan menjaga pola tidur agar staminanya tetap prima menyambut sebuah laga.

"Ketika masa kompetisi, saya harus tidur paling lama itu jam 10 malam. Tapi jika jeda kompetisi, saya biasanya baru tidur jam 12 atau 1 malam," ungkap Asnawi beberapa waktu lalu.

Kemudian, Asnawi juga turut menjaga pola makan dan juga semangat juangnya dalam menarik hati pelatih di setiap sesi latihan baik bersama PSM maupun Timnas Indonesia.

"Saya menghindari gorengan dan cemilan, lebih banyak mengonsumsi apa yang sudah diajukan oleh dokter. Ketiga, saya harus konsisten, kerja keras, dan fokus di latihan," tutur Asnawi.

Tips terakhir dan yang paling utama bagi pemain muda terbaik Piala Indonesia 2018/19 ini ialah memanjatkan doa kepada sang pencipta sembari disiplin dalam melakanakan tiga tips sebelumnya.

"Keempat, saya harus berdoa dan disiplin. Paling penting adalah disiplin karena tips nomor satu, dua, dan tiga itu bisa terlaksana ketika bisa disiplin," kunci Asnawi.

Sekadar informasi, Asnawi Mangkualam telah meraih gelar Piala Insonesia 2018/19 dan runner up Liga 1 2018 bersama PSM serta menjuarai Piala AFF U-22 dan medali Perak SEA Games 2019 bersama Timnas Indonesia.