Liga Spanyol

Diego Costa Akan Disidang atas Kasus Penggelapan Pajak

Sabtu, 30 Mei 2020 21:09 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Yohanes Ishak
© Soccrates Images/GettyImages
Diego Costa, striker klub Liga Spanyol, Atletico Madrid Copyright: © Soccrates Images/GettyImages
Diego Costa, striker klub Liga Spanyol, Atletico Madrid

INDOSPORT.COM - Striker Atletico Madrid, Diego Costa didakwa melakukan penipuan pajak di Spanyol. Akibatnya ia harus membayar denda dalam jumlah yang fantastis.

Diego Costa diduga telah melakukan penggelapan pajak penghasilan serta hak cipta gambar. Hal itu terjadi ketika Costa pindah dari Atletico Madrid ke Chelsea pada 2014 silam.

Pemain kelahiran Brasil itu diklaim tidak melaporkan gajinya yang senilai 5,15 juta euro atau lebih dari Rp83 miliar saat bermain untuk Chelsea serta hak cipta gambar sebanyak satu juta euro atau 16 miliar rupiah.

Alhasil, Diego Costa harus menghadiri sidang atas kasus tersebut pada minggu depan sekitar tanggal 4 Juni. Hanya berselang satu minggu sebelum Liga Spanyol dilangsungkan kembali.

Menurut Evening Standard, jaksa mendesak agar Costa dipenjara selama enam bulan. Namun berdasarkan aturan di Spanyol, sanksi di bawah dua tahun bisa ditebus melalui denda.

Aturan tersebut membuat Diego Costa terbebas dari dinginnya jeruji penjara. Denda yang harus dibayar oleh Costa kurang lebih sekitar 507.208 euro (8,23 miliar rupiah). Jumlah tersebut diduga masih bisa terus bertambah.

Tentunya sidang ini akan menyita pikiran dan tenaga Diego Costa ketika dirinya tengah bersiap untuk kembali berlaga bersama Atletico Madrid bersama Liga Spanyol.