Bola Internasional

On This Day: Eks Arsenal dan Real Madrid Jose Antonio Reyes Tutup Usia

Senin, 1 Juni 2020 19:49 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas
© Getty Images/Clive Brunskill
Tepat pada hari ini, 1 Juni satu tahun silam, dunia sepakbola dikejutkan dengan kepergian mantan penggawa Arsenal dan Real Madrid, Jose Antonio Reyes Copyright: © Getty Images/Clive Brunskill
Tepat pada hari ini, 1 Juni satu tahun silam, dunia sepakbola dikejutkan dengan kepergian mantan penggawa Arsenal dan Real Madrid, Jose Antonio Reyes

INDOSPORT.COM - Tepat satu tahun silam, pada 1 Juni 2019, dunia sepakbola dibuat terhenyak dengan kabar duka setelah mantan pemain Arsenal dan Real Madrid, Jose Antonio Reyes, berpulang ke pangkuan Yang Maha Kuasa akibat kecelakaan.

Reyes dikenal sebagai winger bertalenta pada masanya. Ketajaman serta eksplosivitasnya dalam menyisir sisi lapangan. Bakatnya dalam olah bola bahkan telah tercium sejak usianya 10 tahun. Sevilla menjadi tim paling beruntung yang mendapatkan jasanya saat ia menginjak usia 16 tahun.

Kariernya pun terbilang apik bersama Sevilla. Hal ini membuat Reyes mendapat tawaran dari berbagai klub besar. Arsenal menjadi pemenang dan berhasil mendatangkannya pada Januari 2004. Saat itu, Reyes datang dengan status pemain termahal tim berjuluk The Gunners tersebut.

Datang dengan status pemain termahal klub, jalan terjal harus dilewati Jose Antonio Reyes. Apalagi ia mendapat kecaman saat membuat gol bunuh diri bagi Arsenal di ajang Piala FA. Beruntung, ia mampu mengatasi kecaman tersebut dan membuktikan kelayakannya bersama Meriam London.

Ia berhasil menjadi bagian The Invicibles Arsenal pada musim 2003/04 sekaligus menjuarai Piala FA selama tiga musim keberadaannya di London Utara. Pada musim 2006/07, Reyes pun sempat pulang kampung ke Spanyol setelah dipinjamkan oleh The Gunners ke Real Madrid.

Bersama Los Blancos, kariernya terbilang tak apik. Total hanya semusim saja ia berada di Santiago Bernabeu. Barulah pada awal musim 2007/08, Reyes dilepas Arsenal secara permanen ke Atletico Madrid.

Bakn penebusan atas karier naik turunnya, bersama Los Rojiblancos Reyes kembali ke performa terbaiknya setelah dipinjamkan ke Benfica. Ia mampu mengantarkan Atletico meraih gelar Liga Europa sebanyak dua kali (musim 2009/10 dan 2011/12).

Pada 2012, akhirnya ia kembali ke Sevilla. Klub yang membesarkan namanya. Bersama Los Palanganas, kariernya kembali menanjak dengan mempersembahkan tiga gelar Liga Europa selama tiga musim berturut-turut (2013/14, 2014/15, 2015/16) dan menjadikan dirinya salah satu pemain pengkoleksi gelar terbanyak Liga Europa.

Pada usianya yang menginjak 32 tahun, Reyes dilepas oleh Sevilla ke Espanyol. Selanjutnya, ia banyak menjalani kariernya di tim semenjana Spanyol di mana tim Extremadura menjadi tim terakhir yang dibelanya.

Sayang suratan takdir tak berjalan baik bagi Jose Antonio Reyes. Di usianya yang ke-35, ia harus berpulang lebih cepat setelah terlibat kecelakaan mobil di Utreta, Spanyol. Ia meninggalkan dunia fana bersama sepupunya. Kendati raganya telah pergi, namun prestasinya tetap abadi di sanubari pecinta sepak bola.

Rest in peace, Reyes.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%