Liga Indonesia

Berubah Drastis, Format Lanjutan Liga 2 2020 Serupa Piala Presiden

Jumat, 5 Juni 2020 12:05 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© pabidaian.blogspot/Wikipedia
Logo Liga 2 2020. Copyright: © pabidaian.blogspot/Wikipedia
Logo Liga 2 2020.

INDOSPORT.COM - Selain mengusulkan kelanjutan Liga 1 2020, PSSI juga menginginkan hal serupa untuk Liga 2. Federasi ingin kompetisi kasta kedua digelar kembali pada Oktober mendatang.

Menariknya, PSSI mengusulkan perubahan format kompetisi yang dipastikan sangat berbeda dengan sebelumnya dalam lanjutan Liga 2 2020 nantinya. 

Jika sebelumnya ada dua wilayah (timur dan barat) yang masing-masing diisi 12 klub, untuk yang terbaru nanti dibagi enam grup (empat tim tiap grup) atau lebih mirip turnamen pramusim rutin Piala Presiden.

"Untuk Liga 2, PSSI menawarkan opsi home turnamen, sistem formatnya dibagi empat grup dengan masing-masing grup enam tim. Dimulai sekitar Oktober," kata Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi, Kamis (4/6/20).

Yunus Nusi menjelaskan, PSSI akan menyiapkan protokol kesehatan andai Liga 1 dan Liga 2 diputar kembali. Mereka juga siap bekerja sama dengan pemerintah untuk memastikan layak atau tidaknya sebuah pertandingan digelar.

"Jadi opsi untuk status Liga 1 dan Liga 2 2020 adalah kompetisi lanjutan. Kompetisi akan dijalankan dengan protokol kesehatan yang ketat. Tadi dokter Syarif Alwi juga telah memberikan paparan kepada seluruh klub," ujarnya.

Saat ini PSSI terus berkomunikasi dengan pemerintah, dalam hal ini Menpora. Selain itu, juga berkoordinasi dengan stakeholder terkait seperti Gugus Tugas Covid-19, Kementerian Kesehatan RI, Polri, dan lain-lain.

Akan tetapi, rencana di atas belum ketok palu alias resmi. PSSI masih menunggu kebijakan terbaru pemerintah soal masa darurat pandemi virus corona dan melakukan rapat dengan seluruh anggota Exco untuk mengambil keputusan final.