Bola Internasional

Menakar Kekuatan Jepang, Calon Lawan Timnas Indonesia U-16 di Piala Asia 2020

Kamis, 18 Juni 2020 16:52 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Menakar kekuatan Jepang U-16, calon lawan kuat Timnas Indonesia U-16 di putaran final Piala Asia U-16 2020. 

Hasil drawing Piala Asia U-16 telah usai dilakukan. Timnas Indonesia U-16 harus melalui jalan terjal setelah tergabung ke dalam Grup D bersama dengan Tiongkok, Arab Saudi, dan Jepang.

Ketiga negara tersebut bukanlah lawan yang mudah bagi skuat Garuda Asia. Arab Saudi sudah meraih gelar juara sebanyak dua kali dan Tiongkok bukanlah lawan yang mudah untuk ditaklukkan. 

Meski Timnas Indonesia U-16 cukup dipertungkan, namun Marselino Ferdinan dkk hanya mampu bermain imbang saat berjumpa dengan Tiongkok di laga kualifikasi.

Dari ketiga calon lawan Timnas Indonesia U-16, bisa dibilang Jepang adalah yang paling kuat. Selain ada di pot satu, Samurai Biru telah meraih gelar juara Piala Asia U-16 sebanyak tiga kali.

Jepang tidak hanya ingin numpang lewat saja di Piala Asia U-16. Raksasa dari Asia Timur ini merupakan salah satu favorit juara.  

Wajar memang karena mereka adalah tim kuat dengan materi pemain yang mumpuni. Hal ini dibuktikan dengan keberhasilan mereka memuncaki Grup J babak kualifikasi hingga akhirnya lolos ke putaran final Piala Asia. 

Dari tiga laga, Negara Matahari Terbit sukses mengumpulkan tujuh poin hasil dua kemenangan atas Laos dan Kamboja serta satu kali imbang melawan Malaysia.

Itulah sebabnya mereka masuk ke dalam pot 1 undian grup hari ini. Tim Samurai Biru pantang untuk diremehkan. 

Selain memiliki skuat mumpuni, mereka juga adalah juara bertahan. Jepang sukses meraih juara Piala Asia U-16 2018 usai menang 1-0 atas Tajikistan di partai final. Ini merupakan gelar ketiga mereka sepanjang sejarah di turnamen ini. 

Kekuatan utama Timnas Jepang tahun ini tak lain adalah lini depan mereka yang sangat tajam. Sebanyak empat dari lima striker Jepang sukses mencetak gol di babak kualifikasi. 

Keempat striker tersebut mampu menyumbang sembilan dari 14 gol Jepang di babak kualifikasi. Morimoto Sorato menjadi pemain yang paling banyak berkontribusi dengan mencetak tiga gol dalam kemenangan 8-0 atas Kamboja. 

Di belakang Morimoto Sorata ada Naito Yamato, Suzuki Hiroto, dan Osaka Sina yang masing-masing mencetak dua gol di babak kualifikasi. 

Tak cuma barisan striker, mereka juga memiliki gelandang-gelandang serang dengan kemampuan menyerang yang baik. Dari sektor ini, sebanyak lima gol telah berhasil dicetak. 

Para gelandang tajam itu adalah Kitano Sota (2 gol), Narahara Yoshiki (1), Osako Rui (1), dan Yamazaki Taishin (1). 

Fakta ini menunjukkan Jepang sebagai tim yang piawai dalam urusan mencetak gol. Sebanyak 14 gol berhasil mereka cetak selama babak kualifikasi. 

Meski begitu, Timnas Indonesia tak perlu minder. Meski di atas kertas Jepang lebih baik, namun Timnas Indonesia U-16 berpotensi menghadirkan kejutan di Piala Asia U-16. Indonesia sendiri sukses menggelontorkan 27 gol dari lima laga. 

Skuat Timnas Jepang U-16 

Kiper: Kaisei Matsubara, Masato Kanbayashi, Renta Higashi

Bek: Ginjiro Ikegaya, Ryotaro Takeuchi, Yuta Ueda, Takahiro Fujita, Seita Ishikawa.

Gelandang: Yuki Kajiura, Rui Osako, Sota Kitano, Taishin Yamazaki, Yoshiki Narahara, Shunya Sakai, Kanaru Miyazaki, Jigen Tanaka.

Striker: Harumi Minamino, Hiroto Suzuki, Yamato Naito, Takeshi Ito.