Liga Indonesia

Peran Penting Raphael Maitimo di Balik Keputusan Ezra Walian Pilih PSM

Selasa, 30 Juni 2020 19:23 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Twitter/@PSM_Makassar
Tidak banyak yang tahu bahwasanya ada peran penting Raphael Maitimo di balik keputusan Ezra Walian memilih PSM Makassar untuk berkarier di Indonesia. Copyright: © Twitter/@PSM_Makassar
Tidak banyak yang tahu bahwasanya ada peran penting Raphael Maitimo di balik keputusan Ezra Walian memilih PSM Makassar untuk berkarier di Indonesia.

INDOSPORT.COM - Tidak banyak yang tahu bahwasanya ada peran penting Raphael Maitimo di balik keputusan Ezra Walian memilih PSM Makassar untuk berkarier di Indonesia.

Rupanya, keputusan manajemen klub berjuluk Pasukan Ramang tersebut merekrut kembali Raphael Maitimo pada jendela transfer paruh musim Liga 1 2019 lalu berbuah keuntungan berlipat.

Selain bisa dimainkan pada beberapa posisi disaat banyak pemain PSM Makassar mengalami cedera, pesepak bola berusia 36 tahun itu juga menjadi aktor di balik saga transfer Ezra Walian.

"Sosok yang paling berpengaruh ialah Rafa dan pada saat itu dia lebih dahulu bergabung ke PSM," ungkap Ezra Walian dalam sebuah wawancara beberapa waktu lalu.

"Dia yang sudah sangat lama bermain di Indonesia, berjanji akan membantu saya jika ikut bergabung. Saya menganggap dia seperti seorang saudara," tutur penyerang naturalisasi ini.

Benar saja, jebolan akademi Ajax Amsterdam ini terbilang sangat cepat beradaptasi dengan kultur permainan klub Indonesia dengan mencatatkan tiga gol plus satu assist dari 16 laga diajang Liga 1 2019.

Pesepak bola berusia 23 tahun ini pun mengaku bahwa proses adaptasi super cepat tersebut tak terlepas dari pengaruh 'The Dutch Connection' yang ada di dalam skuat Pasukan Ramang.

Adapun mereka yang termasuk ke dalam 'The Dutch Connection' ialah Wiljan Pluim, Marc Klok, Raphael Maitimo, dan Darije Kalezic yang menjadi pelatih Pasukan Ramang saat itu.

"Mungkin saya tidak akan mudah beradaptasi jika tak ada beberapa pemain asal Belanda. Pelatih juga sangat antusias dan itu sangat penting agar bisa berkomunikasi dengan sangat baik," ujarnya.

Namun, Raphael Maitimo kini telah hengkang ke Persita Tangerang pada jendela transfer awal musim Liga 1 2020, sedangkan Ezra Walian masih tetap bertahan di PSM Makassar.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%