Liga Spanyol

Keren, Penalti Panenka Tandai Gol ke-700 Lionel Messi Sepanjang Karier

Rabu, 1 Juli 2020 11:35 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Lluis Gene/AFP via Getty Images
Pertandingan Barcelona lawan Atletico Madrid menjadi momen bersejarah bagi Lionel Messi yang berhasil mencetak gol ke-700 nya lewat penalti Panenka. Copyright: © Lluis Gene/AFP via Getty Images
Pertandingan Barcelona lawan Atletico Madrid menjadi momen bersejarah bagi Lionel Messi yang berhasil mencetak gol ke-700 nya lewat penalti Panenka.

INDOSPORT.COM - Pertandingan LaLiga Spanyol antara Barcelona lawan Atletico Madrid, Rabu (01/07/20), menjadi momen bersejarah bagi Lionel Messi yang berhasil mencetak gol ke-700 sepanjang kariernya lewat penalti Panenka.

Bermain di Camp Nou atau kandang sendiri, Barcelona sukses unggul lebih dulu lewat gol bunuh diri Diego Costa. Hanya saja keunggulan mereka tak bertahan lama kala eksekusi penalti Saul Niguez menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Kesempatan Barcelona untuk memimpin laga pun tercipta saat Felipe dari Atletico Madrid melanggar Nelson Semedo tepat di kotak terlarang. Wasit lantas menunjuk titik putih dan Messi pun muncul sebagai eksekutor.

Melansir laman berita Give Me Sports, disinilah aksi epic La Pulga mencuri perhatian para fans Blaugrana dan pecinta sepak bola. Bagaimana tidak, megabintang asal Argentina ini sukses membuat jaring gawang Atletico Madrid bergetar dengan tendangan penalti Panenka yang ia buat.

Tendangan yang dipelopori oleh pemain legendaris Republik Ceko, Antonin Panenka saat berlaga di final kejuaraan Eropa 1976 sukses dilancarkan pemain Barcelona tersebut. Dengan tendangan lambung kearah tengah, Messi mampu mengelabui Jan Oblak yang dikenal sebagai salah satu kiper terbaik di dunia.

Hebatnya lagi sepakan ini juga sekaligus menandai kehebatan Messi dalam kariernya di sepak bola usai mencetak total 700 gol yang terdiri dari 630 gol di tingkat klub, dan 70 gol di Timnas Argentina. Hasil ini juga membuatnya kian dekat menyamai rekor Cristiano Ronaldo sebagai pemain paling subur yang masih aktif bermain.

Sayang, kebahagiaan Messi tak berjalan lama setelah Niguez kembali menyamakan kedudukan lewat penalti kedua. Hasil imbang 2-2 membuat Barcelona tertahan di peringkat dua klasemen sementara dengan torehan 70 poin.

Lionel Messi pun nampaknya tak peduli dengan torehan gol ke-700 nya. Apalagi setelah Barcelona gagal meraih tiga poin dan diyakini kian sulit untuk mempertahankan titel LaLiga Spanyol yang didapatkan musim lalu.