Liga Inggris

Pep Guardiola Beri Izin John Stones Tinggalkan Manchester City

Kamis, 9 Juli 2020 14:17 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© INDOSPORT
Manajer Manchester City, Pep Guardiola memberikan izin kepada pemain belakangnya, John Stones untuk meninggalkan Etihad musim panas nanti. Copyright: © INDOSPORT
Manajer Manchester City, Pep Guardiola memberikan izin kepada pemain belakangnya, John Stones untuk meninggalkan Etihad musim panas nanti.

INDOSPORT.COM - Manajer Manchester City, Pep Guardiola memberikan izin kepada pemain belakangnya, John Stones untuk meninggalkan Etihad musim panas nanti.

John Stones merupakan pemain Manchester City yang didatangkan pada tahun 2016 lalu dari Everton dengan harga sebesar 47 juta Poundsterling atau sekitar 854 miliar rupiah.

Setelah bergabung bersama Citizens, Stones langsung bermain di posisi utama dalam skuad asuhan Pep Guardiola. Akan tetapi, kontribusinya di musim ini mulai menurun dan ia hanya bermain sebanayk 12 kali dengan total penampilan selama 904 menit.

Secara profesional, mantan pelatih Barcelona ini sangat menyukai Stones. Ia adalah salah satu pemain yang berkontribusi lebih pada awal kariernya bersama Manchester City. Pada dua musim terakhir, mantan pemain Everton ini berhasil mengantarkan tim meraih dua gelar juara Liga Inggris.

“Pada bursa transfer, kami biasanya berbicara pada akhir musim. Akan tetapi, sudah saya katakan berulang kali, saya senang dengan John Stones sebagai pribadi, profesional, dan segala hal,” kata Pep Guardiola dilansir dari The Guardian.

Pep Guardiola juga menegaskan bahwa ia ingin yang terbaik untuk Stones dan akan membicarakan masa depannya di Manchester City ketika kompetisi Liga Inggris musim 2019/2020 ini sudah berakhir.

“Apa yang saya inginkan adalah yang terbaik untuknya. Kami akan berbicara pada akhir musim tentang apa yang akan terjadi kedepannya,” tegas mantan pelatih Bayern Munchen.

Pria berkebangsaan Spanyol tersebut menambahkan bahwa dirinya masih ingin bekerja sama dengan Stones. Namun, ia tak ingin memaksakan jika pemain belakang tersebut menginginkan hengkang dari Manchester City.

“Terkadang, keinginan saya bukanlah keinginan para pemain atau keinginan Manchester City. Dia adalah pemain muda dan kami ingin dia konsisten untuk berlatih dan pulih. Ada pemain yang bisa bermain setiap tiga hari selama 11 bulan, sementara yang lainnya berjuang untuk kembali sehat,” tambahnya.

Jika melihat masa baktinya di Manchester City, John Stones masih memiliki dua tahun lagi untuk bisa membuktikan kualitasnya kepada sang pelatih. Akan tetapi, dirinya tak perlu untuk menunggu sampai kontraknya habis jika ingin mendapatkan jam terbang yang lebih.

Hal tersebut disebabkan banyaknya klub-klub lain seperti Chelsea dan Arsenal yang tengah berminat untuk mendatangkannya di musim panas nanti. Kedua klub asal London itu ingin mendatangkan pemain berusia 26 tahun tersebut demi memperkuat lini pertahanan masing-masing klub.

Di sisi lain, Manchester City berhasil meraih kemenangan telak dengan skor lima gol tanpa balas ketika bertemu dengan Newcastle United pada lanjutan kompetisi Liga Inggris musim 2019/2020 pekan ke-34. Berkat kemenangan ini, pasukan Pep Guardiola berhasil melanjutkan tren positif setelah kalah dengan Southampton pada pekan sebelumnya.