Liga Indonesia

Sriwijaya FC Setuju Regulasi U-20 Diterapkan di Liga 2, Asalkan...

Jumat, 10 Juli 2020 14:55 WIB
Kontributor: Muhammad Effendi | Editor: Indra Citra Sena
© Muhammad Effendi/INDOSPORT
Manajer Sriwijaya FC, Hendri Zainuddin, saat memberikan keterangan pada awak media di Sekretariat, Rabu (8/7/20). Copyright: © Muhammad Effendi/INDOSPORT
Manajer Sriwijaya FC, Hendri Zainuddin, saat memberikan keterangan pada awak media di Sekretariat, Rabu (8/7/20).

INDOSPORT.COM - PSSI belakangan melempar wacana penerapan regulasi U-20, baik di Liga 1 maupun Liga 2. Semua ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan timnas Indonesia U-19 yang dipersiapkan menuju Piala Dunia U-20 2021.

Namun, regulasi ini belum resmi dan aturan mainnya juga masih digodok PSSI. Menyikapi wacana itu, Manajer Sriwijaya FC, Hendri Zainuddin,  angkat bicara pada Kamis (9/7/20).

HZ, sapaan akrabnya, mengungkapkan bahwa pada prinsipnya Sriwijaya FC setuju dan mendukung penuh penerapan regulasi U-20. Tapi, aturan perlu diperjelas atau disosialisasikan jauh sebelum kick-off kompetisi.

“Kalau ada regulasi U-20, kita sambut gembira. Tapi, regulasi yang katanya untuk kepentingan timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 ini harus jelas,” ucap Hendri Zainuddin.

PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator kompetisi harus mengambil keputusan secepatnya jika memang ada regulasi baru, misalnya soal jumlah pemain, harus bermain penuh atau tidak, atau justru seluruh pemain dalam tim berusia 20 tahun atau bagaimana.

“Jadi harus jelas, apa pemain U-20 itu harus bermain 90 menit di atas lapangan atau bagaimana kan kita belum ada yang tahu,” jelasnya.

Dengan situasi ini, Sriwijaya FC sebagai peserta Liga 2, prinsipnya masih menunggu keputusan resmi PSSI. Mereka tentunya sangat mendukung selama regulasi itu bertujuan untuk memajukan sepak bola Indonesia.

Lebih lanjut, Sriwijaya FC berharap secepatnya sudah ada kejelasan soal regulasi U-20 atau aturan mainnya lain jauh sebelum kick-off lanjutan Liga 2 2020.