Liga Indonesia

Lama Tak Melatih, Apa Kabar Tony Ho?

Jumat, 17 Juli 2020 13:24 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Sudjarwo/INDOSPORT
Mantan Asisten Pelatih Persipura, Tony Ho. Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Mantan Asisten Pelatih Persipura, Tony Ho.

INDOSPORT.COM - Persipura Jayapura sempat melewati masa transisi yang tak berjalan sesuai harapan di kompetisi Liga 1 musim 2018. Namun, skuat Persipura terbilang sukses mengorbitkan sejumlah pemain muda di musim tersebut.

Selain andil dari pelatih asal Inggris, Peter Butler, eks legenda PSM Makassar, Tony Ho juga menjadi sosok penting dalam mengorbitkan pemain-pemain muda Persipura ke skuat senior.

Kini, dua tahun berselang, Tony Ho tak lagi terdengar aktif melatih di klub sepak bola Indonesia. Jabatan terakhirnya yakni melatih Persipura U-20 di Liga 1 2019. Lalu, apa kabarnya sekarang?

Sibuk Jadi Koki 

Tony Ho saat ini tengah menggeluti usaha barunya sebagai seorang koki dengan menerima layanan katering di Kota Makassar. 

Usahanya itu sudah berjalan selama 4 bulan, atau sejak masa pandemi Covid-19. Kini, usaha kateringnya tengah menangani tim renang Papua yang sedang menjalani pemusatan latihan (TC) di Kota Makassar.

"Aktivitas saya sekarang memasak, kebetulan menangani orderan katering tim renang papua yang lagi TC di Makassar.
Kira-kira sudah berjalan 4 bulan," ujar Tony Ho kepada awak media INDOSPORT, Jumat (17/7/20).

Sejak pandemi Covid-19, Tony mengaku tak pernah lagi beraktivitas di lapangan hijau. Kecuali ia hanya sekadar bermain bola bareng rekan-rekannya.

"Semua aktivitas melatih terhenti karena Covid-19, saya sendiri masih sering main bola dengan teman-teman di Makassar," tuturnya.

Saat ini, Tony juga mengaku belum mendapatkan tawaran melatih di klub Liga Indonesia. Ia hanya mengurusi kateringnya sejak aktivitas melatihnya tengah lowong.

"Waktu menangani Persipura U-20 ada tawaran, tapi saya masih terikat kontrak, sekarang lowongan itu sudah terisi pelatih lain, tidak apa, mungkin nanti ada peluang lagi, sementara sekarang lagi kosong, tapi saya isi dengan mengikuti tren sepak bola kompetisi di liga-liga luar sebagai pelajaran," pungkasnya.

Di musim 2018 saat menggantikan Peter Butler dalam beberapa pertandingan, Tony Ho akhirnya harus turun menangani skuat Persipura U-20 setelah tim senior diambil alih pelatih asal Brasil, Amilton Silva dan Oswaldo lessa.

Saat menukangi Persipura U-20, Tony Ho nyaris memberikan prestasi setelah mereka sempat merajai seri pertama wilayah timur. Sayang, skuat Mutiara Muda gagal di babak 8 besar.