Liga Inggris

Kalah Lawan Aston Villa, Posisi Mikel Arteta di Arsenal Goyah?

Rabu, 22 Juli 2020 14:42 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© David Price/Arsenal FC via Getty Images
Arsenal kalah lawan Aston Villa di Liga Inggris, Rabu (22/07/20), bagaimana nasib Mikel Arteta? Copyright: © David Price/Arsenal FC via Getty Images
Arsenal kalah lawan Aston Villa di Liga Inggris, Rabu (22/07/20), bagaimana nasib Mikel Arteta?

INDOSPORT.COM - Manajer Arsenal, Mikel Arteta, mengaku bahwa posisinya sebagai juru taktik di Emirates Stadium masih aman, meski The Gunners menelan kekalahan dari Aston Villa.

Di jadwal lanjutan kompetisi Liga Inggris musim 2019-2020 yang mempertemukan Aston Villa menghadapi Arsenal pada Rabu (22/07/20) dini hari WIB, Pierre-Emerick Aubameyang dkk harus rela ditekuk dengan skor 0-1.

Kekalahan tersebut membuat Arsenal dipastikan mengakhiri musim ini di luar posisi enam besar klasemen Liga Inggris. Hasil ini merupakan yang terburuk didapatkan oleh skuat The Gunners sejak tahun 1995 silam.

Tentu hal ini menambahkan catatan buruk dari klub asal London Utara itu, terlebih posisi Mikel Arteta sendiri mungkin juga akan terancam seperti nasib-nasib pelatih sebelum dirinya.

Kita tahu bahwa sejak ditinggalkan Arsene Wenger, The Gunners seolah tidak memiliki pola permainan yang cocok jika dilatih oleh beberapa pelatih yang datang. Ini selalu menjadi tambahan catatan buruk yang diraih oleh Arsenal di Liga Inggris.

Kendati demikian, Mikel Arteta menyatakan bahwa dirinya mendapatkan dukungan penuh dari pemilik Arsenal, keluarga Kroenke, dan petinggi klub. Ia juga merasa bahwa posisinya aman dan tidak akan tergantikan untuk bisa menaungi Meriam London ini.

“Saya mendaptkan dukungan penuh dari keluarga Kroenke dan dewan klub serta direktur olahraga. Saya mendapatkan itu 100 persen dan para superter harus percaya apa yang saya katakan,” kata Mikel Arteta dilansir dari Sky Sports.

“Kami telah membuat rencana yang kuat bersama-sama sesuai kemampuan kami untuk jangka pendek dan posisi di klasemen tak pernah berbohong. Ketika Anda memiliki jarak perolehan angka dengan tim di atasnya, itulah alasannya,” tambahnya.

Dukungan untuk Arteta tetap berada di Emirates Stadium juga disampaikan oleh para suporter Arsenal. Hal tersebut bisa dilihat setelah ada sebuah pesawat dengan spanduk bertuliskan “Dukung Arteta, Kroenke pergi,” terbang melintasi Stadion Villa Park.

Di sisi lain, mantan asisten pelatih Pep Guardiola tersebut rupanya juga mengamini bahwa skuatnya musim ini memang perlu memperbaiki banyak di beberapa sektor. Mikel Arteta juga mengaku bahwa Arsenal sulit dalam bersaing dengan klub-klub lain di Liga Inggris.

“Kami harus berkembang di banyak sektor, baik secara tim maupun secara individu. Tim-tim top jelas lebih baik dari kami. Kami terluka dan menderita. Itu sungguh tidak baik bagi klub ini,” kata Arteta.

Kekalahan dari Aston Villa membuat Arsenal harus terhenti di posisi ke-10 klasemen Liga Inggris dengan perolehan 53 poin. Dengan menyisakan satu pertandingan, The Gunners tidak bisa mengejar posisi Wolverhampton Wanderers yang berada di peringkat keenam dengan 59 poin.

Meski belum bisa mendapatkan satu tiket di Liga Europa atau Liga Champions, pasukan Mikel Arteta masih memiliki peluang meraih trofi jika bisa mengalahkan Chelsea di laga final Piala FA pada 1 Agustus 2020 nanti.