Bola Internasional

Piala AFF 2020 Resmi Ditunda Hingga Tahun Depan

Jumat, 31 Juli 2020 16:05 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© Stanley Chou/Getty Images
Kompetisi Piala AFF 2020 resmi ditunda hingga tahun depan. Copyright: © Stanley Chou/Getty Images
Kompetisi Piala AFF 2020 resmi ditunda hingga tahun depan.

INDOSPORT.COM - Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) secara resmi mengumumkan Piala AFF 2020 akan ditunda hingga tahun 2021 karena masih berlangsungnya pandemi virus Corona. Kesehatan dan keselamatan para pemain, pelatih, mitra, penggemar, dan publik jadi pertimbangan utama.

Presiden AFF, Khiev Sameth mengatakan pihaknya tidak ingin mengambil resiko. Setelah melakukan beberapa kali pertemuan mereka akhirnya mengambil keputusan tersebut.

"Sejak awal COVID-19, AFF secara ketat memantau panduan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Kementerian Kesehatan, lembaga pemerintah, FIFA dan AFC. Karena (seperti yang diketahui) pandemi ini terus menimbulkan tantangan kesehatan, sosial, dan ekonomi yang sangat besar bagi kita semua," katanya dalam rilis AFF.

"Prioritas utama AFF adalah kesehatan dan keselamatan keluarga sepak bola kami dan mengurangi dampak pandemi ini. Dengan risiko penyebaran Covid-19 yang masih tinggi, melihat situasi ini AFF memutuskan tidak dapat melanjutkan AFF Cup 2020," imbuh Khiev.

AFF Cup adalah turnamen sepak bola terbesar dan paling bergengsi di Asia Tenggara dan berlangsung setiap dua tahun. Juara bertahan pada kejuaraan ini adalah Vietnam yang mengalahkan Malaysia dua tahun lalu.

Sementara itu, AFF akan terus bekerja sama dengan berbagai asosiasi dan mitranya untuk memantau situasi dan akan memberikan laporan lebih lanjut tentang tanggal turnamen pada 2021.