Liga Champions

Juventus Tersingkir di Liga Champions, Ronaldo Pecahkan Rekor 95 Tahun

Sabtu, 8 Agustus 2020 05:05 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Daniele Badolato - Juventus FC/Juventus FC via Getty Images
Cristiano Ronaldo berselebrasi usai mencetak gol dalam laga Liga Champions Juventus vs Lyon Copyright: © Daniele Badolato - Juventus FC/Juventus FC via Getty Images
Cristiano Ronaldo berselebrasi usai mencetak gol dalam laga Liga Champions Juventus vs Lyon

INDOSPORT.COM - Terdapat sebuah angin segar di balik kegagalan Juventus di ajang Liga Champions. Usai tersingkir secara agregat gol dari Lyon di babak 16 besar, Cristiano Ronaldo nyatanya berhasil memecahkan rekor yang bertahan 95 tahun lalu.

Dalam laga tersebut, Juventus mengerahkan kekuatan penuhnya di kandang sendiri. Maurizio Sarri memakai formasi 4-3-3 dengan Federico Bernardeschi, Gonzalo Higuain, dan Cristiano Ronaldo sebagai juru gedor mereka.

Sementara tim tamu juga tak mau kalah dengan menggunakan pemain terbaiknya. Wakil Prancis itu menggunakan formasi 3-5-2, dengan Karl Ekambi dan Memphis Depay sebagai penyerangnya.

Di atas kertas, Juventus sejatinya mampu memenangkan pertandingan dengan cukup mudah. Namun yang terjadi di atas lapangan justru berbeda. Tengah tertinggal 0-1 secara agregat dari Lyon, Juventus malah kebobolan lebih dahulu lewat penalti.

Pada menit ke-10, Federico Bernardeschi melakukan sebuah pelanggaran di kotak terlarang Bianconeri. Memphis Depay yang ditunjuk sebagai algojo pun berhasil menuntaskan tugasnya dengan baik. Lyon pun unggul 1-0 di menit ke-12.

Juventus pun terus melakukan serangan demi serangan guna menghidupkan asa untuk lolos ke fase selanjutnya. Hal ini pun berbuah manis usai sang pencetak gol, Depay, melakukan handball di area penalti Lyon pada menit ke-42.

Ronaldo yang ditunjuk sebagai algojo pun berhasil menuntaskan tugasnya dengan baik. Skor berubah menjadi 1-1 di menit ke-44, sekaligus menutup hasil akhir babak pertama ini.

Memasuki babak kedua, Juventus langsung tancap gas sejak pertandingan dimulai. Serangan demi serangan pun terus dilancarkan oleh Ronaldo dan kawan-kawan.

Hingga pada akhirnya, Juventus pun mampu membalikkan keadaan di menit ke-60. Cristiano Ronaldo bekerja sama dengan Bernardeschi hingga mampu mengoyak jala Anthony Lopes. 2-1 Juventus unggul dari Lyon.

Namun hingga 90 menit pertandingan, skor 2-1 bertahan hingga wasit meniup peluit panjang. Meskipun Juventus berhasil memenangkan pertandingan, mereka tetap gagal lolos ke babak 8 besar Liga Champions usai kalah secara agregat gol tandang dari Lyon dengan skor 2-2.

Meskipun tersingkir, ternyata ada hal yang patut dibanggakan dalam laga kali ini. Dua gol Ronaldo ke gawang Lyon ternyata membuat pria berusia 35 tahun ini memecahkan rekor klub yang telah bertahan lama.

Dilansir dari ESPNFC, Ronaldo berhasil memecahkan sebuah rekor yang bertahan lama di Juventus. Dua golnya ke gawang Lyon di Liga Champions membuat dirinya sukses mencetak 36 gol di segala ajang dalam satu musim.

Perolehan tersebut membuat mantan pemain Real Madrid dan Manchester United itu menghancurkan rekor yang bertahan selama 95 tahun lamanya. Hal ini membuat Ronaldo layak disebut sebagai sosok legenda baru dalam tubuh Bianconeri, meskipun dirinya belum lama membela panji Si Nyonya Tua.