Liga Indonesia

Apa Kabar Ronny Pasla, Sang Penepis Sepakan Penalti Pele?

Kamis, 13 Agustus 2020 20:17 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Dok. Indra Efendi Rangkuti
Kiper legendaris PSMS Medan dan Timnas Indonesia, Ronny Pasla. Copyright: © Dok. Indra Efendi Rangkuti
Kiper legendaris PSMS Medan dan Timnas Indonesia, Ronny Pasla.

INDOSPORT.COM - Nama Ronny Pasla mungkin nama ini begitu asing bagi pecinta sepak bola di masa saat ini. Namun siapa sangka, Ronny Pasla adalah legenda penjaga gawang Indonesia.

Ya, Ronny Pasla adalah penjaga gawang Indonesia di tahun 60-70 an. Di masa itu, Ronny begitu lihai mengatisipasi ancaman yang ditebar lawan ke gawang Indonesia.

Kelihaiannya menghalau bola memang membuat striker lawan frustrasi. Bahkan sepakan striker legendaris Brasil, Pele pun berhasil ia tepis.

Ronny Pasla pun masih begitu ingat kenangan ia ketika masih menjaga gawang Indonesia. Beberapa lawan kuat pun pernah ia hadapi seperti Argentina, Uruguay dan tentunya Brasil.

"Oh iya Argentina pernah, lawan Pele pernah ya, Tottenham Hotspur, Uruguay tim piala dunia kita kalahkan 2-1 ya, Sao Paulo kita tahan 1-1, semuanya itu adalah latihan, tidak ada yang lain," kenang Ronny Pasla ketika dijumpai INDOSPORT di Jakarta beberapa waktu lalu.

Namun semua itu kini tinggal kenangan. Tapi meski begitu pria yang dijuluki si Macan Tutul itu tak bisa lepas dari sepak bola. Dirinya kini sibuk melatih anak-anak untuk menjadi penjaga gawang.

"Kesibukan saat ini melatih Ripat, penjaga gawang anak-anak," beber Rony Pasla.

Ronny pun sedikit membagikan pengalamannya terkait latihan pada zaman ia dan saat ini. Setidaknya pada saat itu adalah mental yang utama untuk menjadi seorang atlet.

"Oh dulu kami mental, telat makan saja sudah dinilai, permainan nomor 2, mental dulu, latihan terlambat udah jadi perhatian pelatih."

"Jadi intinya untuk anak-anak sekarang disiplin. Saya bilang dilatih pelatih dunia kalau ogah-ogahan, jadi apa enggak, ya gak jadi kan, itu saya bilang," tukas Ronny Pasla.